DR. IR. CANDRA GINTING, M.P; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STRATEGI PENCAPAIAN PRODUKTIVITAS TANAMAN KELAPA SAWIT DI PTTN PAYA BAUNG ESTATE


Best Management Practices (BMPs) merupakan tindakan agronomis yang efektiif dan biaya yang rendah agar memberikan produktivitas yang optimal, serta menekan dampak terhadap lingkungan dengan memakai asupan dan sumber daya produksi secara efisien. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan di perkebunan kelapa sawit dalam meningkatkan produktivitas sesuai lahan dan tanamannya serta mengevaluasi produktivtas hasil yang didapat. Penelitian ini dilakukan di PT. Tapian Nadenggan unit Paya Baung Estate, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara (blok A34, A35, A36, A37, A38, A39, A40 dan A41) sebagai lokasi pengamatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022 – Mei 2022. Blok penelitian dengan tahun tanam 2015, varietas Damimas dengan kondisi kesesuaian lahan S2 dan jenis tanah mineral.
Penelitian ini dilakukan dengan mengamati praktik mananajemen yang dilakukan dan menganalisis kesesuaian praktik dengan SOP yang berlaku. Pengamatan yang dilakukan berfokus pada praktik manajemen pemupukan dan manajemen pemanenan untuk melihat strategi yang dilakukan untuk mencapai produktivitas yang diinginkan yang nantintya dibandingkan dengan SOP untuk mencari persentase kesesuaiannya. Data sekunder diambil dan dianalisis dari 2019-2021 meliputi data curah hujan, pemupukan dan produksi pada lokasi penelitian.
Hasil pengamatan menunjukkan strategi yang dilakukan pada blok penelitian menyebabkan selisih antara potensi hasil tanaman dengan potensi hasil aktual sebanyak 2,54 ton/ha/tahun atau 10,16%.

LOADING LIST...
hasbirafdi@gmail.com
082211817493
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...