Dr. Ir. Herry Wirianata, MS. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS PENGAPLIKASIAN TANDAN KOSONG DAN LCPKS PADA LAHAN MINERAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)


Penelitian dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit unit Palapa Estate (PLPE), PT Ivo Mas Tunggal, Region Siak, PSM Riau yang merupakan salah satu unit usaha PT Smart Tbk terletak di Desa Bekalar, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.
Peningkatan produksi minyak sawit di Indonesia diiringi dengan pembangunan pabrik kelapa sawit. Selain menghasilkan minyak sawit (CPO) Crude Palm Oil dan minyak inti sawit (PKO) Palm Kernel Oil, pabrik pengolahan juga menghasilkan limbah (by product). Limbah tertinggi yang dihasilkan berupa limbah cair (LCPKS) sekitar 65% dan tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sekitar 21 %. Dalam upaya usaha mengurangi pencemaran lingkungan perusahaan komitmen menerapkan zero waste dengan memanfaatkan kembali limbah pabrik kelapa sawit sebagai pupuk organik.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dan limbah cair pabrik kelapa sawit (LCPKS) terhadap produktivitas, berat janjang rerata (BJR), jumlah janjang matang, dan karakter agronomi. Penelitian dilakukan selama 3 bulan yaitu pada tanggal 01 Maret-21 Mei 2022. Dilaksanakan menggunakan metode survei agronomi dengan menentukan blok sampel penelitian. Dipilih 4 blok, yaitu 2 blok yang diaplikasikan TKKS dan 2 blok diaplikasikan LCPKS. Data dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data produksi, BJR, jumlah janjang matang, dan karakter agronomi yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan uji t pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas lahan aplikasi LCPKS menunjukkan hasil lebih baik terhadap lahan aplikasi TKKS, sedangkan karakter agronomi pada lahan diaplikasikan LCPKS menunjukan nilai lebih baik pada pengamatan tinggi tanaman, lingkar batang, jumlah pelepah, dan berat tandan dari pada lahan yang di aplikasi TKKS.
LOADING LIST...
aldikurniasinarmas@outlook.co.id
082391675555
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
Yogyarta
LOADING LIST...