Dr. Ir. Ida Bagus Banyura Partha, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI METODE FOAM MAT DRYING DALAM PEMBUATAN MINUMAN SERBUK DAUN EKOR NAGA (Epipremnum Pinnatum) DENGAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber Officinale Var.Rubrum) SEBAGAI SUMBER ANTIOKSIDAN ALAMI


Penelitian ini tentang aplikasi metode foam mat drying dalam pembuatan minuman serbuk daun ekor naga dengan ekstrak jahe merah sebagai sumber antioksidan alami yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tween 80 dan maltodekstrin dalam pembuatan serbuk serta karakteristik serbuk terhadap sifat kimia dan sifat fisik serbuk yang dihasilkan.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) 2 faktor yaitu variasi perbandingan tween 80 dan maltodekstrin. Faktor A yaitu variasi tween 80 dengan 3 taraf yaitu A1 = 0,5%, A2 = 1%, A3 = 1,5% dan faktor B yaitu konsentrasi maltodekstrin dengan 3 taraf yaitu B1 = 5%, B2 = 10%, B3 = 15%. Analisis yang dilakukan adalah Aktivitas antioksidan, Phenol, Rendemen, Kecepatan Larut, Kadar Air, Warna (L, a, b) dan Uji Organoleptik (Aroma, Rasa, Warna).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan tween 80 dan maltodekstrin berpengaruh nyata dalam pembuatan serbuk minuman daun ekor naga dengan ekstrak jahe merah. Variasi tween 80 berpengaruh nyata terhadap phenol, rendemen, kecepatan larut, uji kesukaan warna, warna (L), warna (a), dan warna (b). Sedangkan penambahan maltodekstrin memberikan pengaruh nyata terhadap phenol, rendemen, kecepatan larut, uji kesukaan aroma, uji kesukaan warna, warna (L) dan warna (b). Berdasarkan uji kesukaan organoleptic, perlakuan yang paling disukai panelis adalah perlakuan dengan konsentrasi tween 80 sebanyak 1,5% dan konsentrasi maltodekstrin 15% dengan nilai keseluruhan 4.84 (netral).

LOADING LIST...
wayandana98@gmail.com
085890167638
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...