HAJIDUN (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKAR BOILER DENGAN METODE PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN (MATERIAL REQUIREMENT PLANNING METHOD)


INTISARI

Boiler adalah suatu alat berbentuk bejana tertutup yang terbuat dari baja dan digunakan untuk menghasilkan uap (steam). Pada penelitian boiler yang digunakan bahan bakarnya adalah shell (cangkang) dan fiber (serat kelapa sawit). Cangkang dan fiber kelapa sawit merupakan limbah padat yang dihasilkan oleh pabrik kelapa sawit yang dapat dimanfaatkan sebagai biomassa untuk memenui kebutuhan bahan bakar boiler.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cadangan bahan bakar boiler dengan cara Metode Perencanaan kebutuhan bahan, mengetahui seberapa banyak konsumsi bahan bakar boiler di pabrik kelapa sawit, serta bagaimana cara meningkatkan sistem operasi boiler lebih efesien. Data yang diambil menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari lapangan pada saat proses kerja dan dokumentasi dan data sekunder yang diperoleh dari data perusahaan.
Dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh bahan bakar boiler yang digunakan adalah fiber sebesar 5,850 ton/jam dengan sisa cadangan bahan bakar shell sebesar 1,734 ton/jam. Untuk meningkatkan sistem operasi lebih efisien boiler di efisiensi sebesar 80%.

LOADING LIST...
Hajidun45@gmail.com
HAJIDUN (P) - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro. M.S, IPU (P) - Personal Name
Ir. Eka Suhartanto, M. Si - Personal Name
081315715013
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...