Fitri Kurniawati, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Peran Penyuluhan Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Kpoi Di Desa Nglinggo, Kecamatan Samigaluh,Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta


Intisari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluhan dalam pengembangan Kelompok Tani Kopi di Desa Nelinggo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Dan juga untuk mengetahui kendala penyuluhan pertanian dalam pengembagan Kelompok Tani di Desa Nglingo, Kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis survey. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Snowball Sampling yaitu metode yang mula-mula nya kecil kemudian menjadi besar atau biasa dikenal dengan metode bola salju. Sampel yang diambil sebanyak 30 responden petani Desa nglingo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa penyuluhan pertanian telah berperan menjalankan tugasnya sebagai Motivator, Edukator, Organisator, Katalisator, Komunikator dan Penasihat. Dan dapat diketahui Peran Penyuluhan yang Berperan Tinggi adalah Motivator, Edukator, Organisator, Katalisator, Komunikator dan pada Peran Penyuluhan sebagai Penasehat hanya masuk dalam kategori Cukup Berperan.

Kata Kunci: Peran Penyuluhan, Pengembangan, Kelompok Tani

LOADING LIST...
jhonpitersinulingga@gmail.com
081263606906
NONE
Text
2022
LOADING LIST...