Christina Wahyu Ary Dewi, SP, M.Eng; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MANAJEMEN PENGADAAN BAHAN BAKU TANDAN BUAH SEGAR (TBS) DI PABRIK KELAPA SAWIT (Studi Kasus di PT Katingan Indah Utama Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah).


Penelitian tentang Manajemen Pengadaan Bahan Baku Tandan Buah Segar (TBS) Di Pabrik Kelapa Sawit (Studi Kasus di PT Katingan Indah Utama Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah bertujuan untuk 1)mengkaji manajemen pengadaan bahan baku TBS di PPKS, 2)menghitung pemanfaatan kapasitas terpakai dari kapasitas terpasang pada PPKS, 3)menganalisis kendala yang timbul dalam proses pemenuhan bahan baku TBS di PPKS. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sample menggunakan key person. Analisis data dilakukan dengan menghitung kapasitas terpakai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen pengadaan bahan baku tandan buah segar yang dilakukan dengan perencanaan sistem untuk satu tahun produksi berdasarkan RKT (Rencana Kerja Tahunan), Pengorganisasian bahan baku tandan buah segar berasal dari perkebunan internal dan perkebunan eksternal serta pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan sudah sangat baik dilihat dari rata-rata jumlah realisasinya. Pemanfaatan kapasitas terpakai aktual PPKS Kabuau sudah terbilang baik, dengan rata-rata 85,55% dari kapasitas terpasang pabrik.Kendala yang dihadapi dalam pengadaan bahan baku TBS pada PPKS Kabuau dari dari kebun internal yaitu kurang lancarnya proses pengiriman buah. Kendala eksternal yakni suplai buah yang kurang bagus mutunya.

Kata Kunci : Manajemen Pengadaan, Kapasitas Terpakai.


LOADING LIST...
fitradarmawan2@gmail.com
082172705853
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...