Ir. Sunardi, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SUBTITUSI TEPUNG UMBI DAN TEPUNG TERIGU TERHADAP KARAKTERISTIK DONAT


Donat merupakan sejenis kue kecil yag memiliki bentuk khas yaitu memiliki lubag ditengahnya seperti bentuk cincin. Bentung berlubang ditengahnya bertujuan agar doat dapat matang merata. Diduga donat pertama kali ditemukan di Belanda yaitu di daerah Manhatten da salah satu jenis makanan yang disukai oleh masyarakat (Lanny, 2006) donat terbuat dari bahan dasar tepug terigu yang mengandung karbihidrat dan protein dalam bentuk gluten yang berperan dalam pengembangan adonan.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui karakteristik donat yang dihasilkan dengan perbandingan tepung ubi unggu, tepung wortel dan tepung kentang yang paling disukai oleh panelis. Metode rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan blok lengkap (RBL) dua faktor yang masing masing faktor terdiri atas 3 taraf . Faktor pertama yaitu jenis tepung non terigu A1 tepung ubi unggu, A2 tepung wortel dan A3 tepung kentang. Factor kedua yaitu persentase penambahan jenis tepung non terigu B1 10%, B2 20% dan B3 30%. Dalam pembuatan adonan donat pertama masukan tepung terigu ke dalam wadah dan jenis tepung substitusi sesuai dengan perbandingan persentase pada setiap taraf, kemudian masukan gula, masukan susu bubuk, masukan ragi instan, lalu di aduk sampai semuanya tercampur. Setelah itu campurkan susu cair dan telur dan lalu tuang ke dalam bahan kering tadi sambal diaduk. Kemudian homogenkan menggunakan mixer hingga adonannya setengah kalis dan masukan margarin dan garam. Lalu mixer adonan sampai kalis. Diamkan adonan kurang lebih 1 jam sampai mengembang. Setelah adonan mengembang lalu di kempiskan. Lalu adonan dibagi menjadi beberapa bagian. Kemudian siapkan loyang. Setelah itu diamkan lagi adonan kurang lebih 30 menit sampai mengembang. Lalu panaskan minyak dengan suhu 1800C dan masukan adonan yang telah dicetak kedalam wajan selama 5 menit ( warna kecoklatan). Lalu angkat dan tiriskan. Persentase penambahan tepung non terigu berpengaruh nyata terhadap kadar abu, kadar protein, kadar lemak dan kadar karbohidrat.
Berdasarkan uji kesukaan organoleptik keseluruhan, dapat diketahui bahwa donat yang paling disukai adalah jenis tepung ubi unggu dengan persentase 30% (A1B3) yaitu 4,69 (netral) kadar air 22,13 %, kadar abu 0,70 %, kadar protein 5,98 %, kadar lemak 30,37% , kadar antioksidan 53,58% dan kadar karbohidrat 38,17%

LOADING LIST...
rhielpurba19@gmail.com
Ir. Sunardi, M.Si - Personal Name
Ghef Rhiel G PUrba - Personal Name
Reza Widyasaputra, S.TP, M.Si - Personal Name
085172343454
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...