Ir. Sunardi (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengolahan Roti Tawar Subtitusi Margarin dengan Virgin Palm Oil (VPO) dengan Subtitusi Tepung Terigu dari Tepung Ubi Jalar Kuning, Tepung Wortel dan Tepung Labu


Telah dilaksanakan penelitian tentang pembuatan roti tawar sustitusi tepung terigu dari jenis tepung ubi jalar kuning, tepung wortel dan tepung labu madu dengan menggunakan Virgin palm oil (VPO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh subtitusi tepung ubi jalar kuning, wortel dan labu madu Virgin palm oil dan kombinasi keduanya terhadap karakteristik fisik, kimia dan organoleptik roti tawar dan mengetahui produk roti tawar dengan subtitusi tepung ubi jalar kuning, wortel, labu madu dan Virgin Palm Oil yang terbaik dalam uji hedonik.
Penelitian ini mengunakan Rancangan Blok Lengkap dengan dua faktor. Faktor pertama penambahan jenis tepung yang terdiri dari tepung wortel, tepung, ubi kuning dan tepung labu madu, (A1) tepung wortel, (A2) tepung ubi kuning, (A3) tepung labu madu. Faktor kedua persentase penambahan Virgin palm oil (B), dengan 3 konsentrasi (10%, 15%, 20%). Analisis yang dilakukan yaitu uji analisis kadar abu, kadar air, aktivitas antioksidan, analisis kadar protein, analisis beta karoten, persentase penambahan tinggi, uji kesukaan organoleptik yaitu aroma, rasa dan warna.
Hasil penelitian menujukkan bahwa jenis minyak virgin palm oil serta persen subtitusinya berpengaruh terhadap kadar abu, kadar air, aktivitas antioksidan, kadar protein, analisis beta karoten tetapi tidak berpengaruh terhadap warna, rasa dan aroma. Kesukaan roti tawar terbaik diperoleh dari jenis tepung wortel (A1) dengan rerata 4,71%.

LOADING LIST...
errykusuma8@gmail.com
Ir. Sunardi (P) - Personal Name
Erry Kusuma - Personal Name
Reza Widyasaputra S. TP. M.Si - Personal Name
0895-3764-60462
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...