Riska Nadila; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN PERMEN JELLY SARI WORTEL (Daucus Carota L.) DENGAN PENAMBAHAN BERBAGAI KONSENTRASI MINYAK SAWIT MERAH (MSM) DAN GELATIN


Telah dilakukan penelitian pembuatan permen jelly sari wortel (Daucus carota) dengan penambahan konsentrasi minyak sawit merah (MSM) dan gelatin yang bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan konsentrasi minyak sawit merah dan gelatin memberikan pengaruh nyata terhadap karakteristik fisik, kimia dan organoleptik permen jelly, dan berapa persen jumlah penambahan minyak sawit merah dan gelatin menghasilkan permen jelly yang disukai panelis.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan blok lengkap dua faktor. faktor pertama yaitu penambahan konsentrasi minyak sawit merah (A) terdiri dari 3 taraf yaitu A1 = 0,5 %, A2 = 1 %, A3 = 1,5 % dan faktor kedua yaitu penambahan konsentrasi gelatin (B) terdiri dari 3 taraf yaitu B1 = 20 %, B2 = 25 %, B3 = 30 %. Analisis yang dilakukan yaitu Kadar Air, Kadar Abu, Gula Reduksi, Beta karoten, Kekerasan, dan Organoleptik (Warna, Aroma, Rasa, Tekstur).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan minyak sawit merah berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar beta karoten, dan organoleptik (warna). Tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar abu, kadar gula reduksi, kekerasan, dan organoleptik (aroma, rasa, tekstur). Penambahan konsentrasi gelatin berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, kekerasan dan organoleptik (tekstur). Tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar beta karoten, kadar gula reduksi, organoleptik (warna, aroma, rasa). Berdasarkan uji kesukaan organoleptik keseluruhan, permen jelly sari wortel yang disukai dibuat menggunakan minyak sawit merah 1% dengan skor 5,02 (agak suka), dan pada permen jelly yang dibuat menggunakan gelatin 30% dengan skor 4,94 (agak suka).
Kata Kunci : Permen jelly, Sari wortel, Minyak sawit merah, Gelatin

LOADING LIST...
riskanadila77@gmail.com
Riska Nadila - Personal Name
Ir. Sunardi, M.Si (P) - Personal Name
Reza Widyasaputra, S.TP.,M.Si - Personal Name
0831 7359 7126
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...