Dr. Fahmi Wiryamarta Kifli, S.Hut, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BIBIT PADA PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT (PPKS) DI SUMATERA UTARA


Peneltian ini bertujuan untuk mengetaui faktor internal dan faktor eksternal kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi pemasaran bibit kelapa sawit, serta untuk mengetahui perumusan strategi pemasaran bibit kelapa sawit yang tepat dan efektif bagi PPKS Unit marihat. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang diperoleh yaitu data primer merupakan data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden terkait yang memahami pemasaran bibit melalui kuesioner. Sedangkan data sekunder merupakan data yang diambil dan diperoleh dari penelusuran literatur terkait, dan penulis melakukan observasi untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan PPKS. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu suatu penelitian yang menggambarkan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya, dengan secara fakta dengan mengumpulkan data, mengambil data, menyusun dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal pada pemasaran bibit kelapa sawit pada PPKS adalah nama baik perusahaan, SDM yang handal, kualitas bibit kelapa sawit, jaringan pemasaran, waktu produksi lama, pengelolaan SDM generalis, promosi belum maksimal, dan lokasi penyedia bibit siap tanam. Faktor eksternal dalam pemasaran bibit kelapa sawit pada PPKS yaitu kebijakan pemerintah, peningkatan luas areal kelapa sawit, munculnya teknologi baru, bertambahnya pesaing baru dan pemalsuan produk. Strategi yang tepat dan efektif yang harus diterapkan dalam pemasaran bibit kelapa sawit PPKS adalah strategi agresif atau S-O, PPKS memiliki peluang dan kekuatan untuk mendapatkan beberapa peluang yang ditemukan.

Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Bibit, SWOT
LOADING LIST...
muhammadnurzailani166@gmail.com
081269597492
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...