Ir. Sunardi M.Si (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

(((COVER-ABSTRAK TTD DI LEMBAR PENGESAHAN TIDAK LENGKAP))))Pengaruh Komposisi Jenis Kopi dan Suhu Penyeduhan Terhadap Fisikokimia dan Organoleptik Kopi Saring


PENGARUH KOMPOSISI JENIS KOPI DAN SUHU PENYEDUHAN TERHADAP FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK KOPI SARING
Abiyan Roofif Mahendra
18/20600/THP/STIPP

INTISARI
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh jenis kopi dan suhu penyeduhan terhadap fisikokimia dan organoleptik kopi saring dengan tujuan untuk mempelajari pengaruh komposisi jenis kopi dan suhu penyeduhan terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik seduhan kopi serta menentukan komposisi jenis kopi dan suhu penyeduhan yang menghasilkan seduhan kopi yang paling disukai konsumen.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan dua faktor, faktor pertama berupa presentase perbandingan jenis kopi arabika dan kopi excelsa, faktor kedua adalah suhu penyeduhan yang berbeda. Analisis yang dilakukan yaitu uji warna, pH, TDS seduhan kopi, aktivitas antioksidan, kadar kafein dan organoleptik (warna, aroma, rasa, after taste dan overall).
Hasil penelitian ini menunjukkan interaksi komposisi jenis kopi dan suhu penyeduhan berpengaruh sangat nyata terhadap karakteristik kimia (pH, kafein, aktivitas antioksidan, TDS) dan karakteristik fisik (warna L*). Untuk uji organoleptik berpengaruh sangat nyata terhadap warna, rasa, aftertaste dan overall, sedangkan parameter warna A* dan B* hanya dipengaruhi oleh suhu penyeduhan, semakin tinggi suhu penyeduhan maka akan semakin rendah nilai warna LAB A* dan B* yang diperoleh, untuk uji organoleptik aroma hanya dipengaruhi oleh komposisi jenis kopi, semakin tinggi komposisi jenis kopi excelsa maka tingkat kesukaan semakin meningkat
Adapun komposisi jenis kopi dan suhu penyeduhan yang menghasilkan seduhan kopi yang paling disukai konsumen secara keseluruhan berdasarkan hasil uji organoleptik adalah K5T2 (Arabika 10% : Excelsa 90% dengan suhu penyeduhan 90℃). Jika dihubungan dengan parameter fisikokima maka perlakuan yang terbaik didapat pada perlakuan K2T2 (arabika 70% : excelsa 30% dengan suhu penyeduhan 90℃).

Kata Kunci : Arabika, Excelsa, Kopi Saring, Metode V60, Suhu Penyeduhan, Komposisi.

LOADING LIST...
abiyanmahendra212@gmail.com
Ir. Sunardi M.Si (P) - Personal Name
Abiyan Roofif Mahendra - Personal Name
Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc - Personal Name
085226107204
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...