sanna siregar; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Enkapsulasi Monolaurin Menggunakan Bahan Pengkapsul Gum Arab dan Maltodekstrin dengan Variasi Monolaurin


Telah dilakukan penelitian tentang enkapsulasi monolaurin menggunakan bahan pengkapsul gum arab dan maltodekstrin dengan variasi konsentrasi monolaurin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik mikrokapsul monolaurin menggunakan bahan pengkapsul gum arab dan maltodekstrin dengan variasi konsentrasi monolaurin yang dihasilkan melalui metode freeze dryer.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) yang terdiri dari 2 faktor, yang pertama adalah perbandingan gum arab dan maltodekstrin(A), dengan 3 taraf yaitu : A1 = 1:2, A2 = 1:1 dan A3 = 2:1. Faktor kedua adalah Jenis Konsentrsi (B) yaitu B1 = 2,5%, B2 = 5%, dan B3 = 7,5%. Analisis yang dilakukan yaitu rendemen, SEM, kadar MAG, DAG, TAG, kecepatan larut, kadar air, bulk density, kadar lemak dan warna.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk morfologi mikrokapsul monolaurin pada perbandingan maltodekstrin dan gum arab secara tidak signifikan berpengaruh pada ukuran mikrokapsul monolaurin. Sedangkan pada faktor penambahan konsentrasi monolaurin berpengaruh pada rongga mikrokapsul yang semakin kecil seiring bertambahnya konsentrasi monolaurin. Perbandingan gum arab dan maltodekstrin berpengaruh terhadap kadar lemak dan kelarutan mikrokapsul monolaurin, namun tidak berpengaruh terhadap rendemen, kadar air, bluk density, kadar MAG, DAG dan TAG serta warna mikrokapsul monolaurin. Konsentrasi monolaurin berpengaruh terhadap kadar lemak dan kelarutan mikrokapsul monolaurin namun tidak berpengaruh terhadap rendemen, kadar air, bulk density, kadar MAG, dan DAG, TAG serta warna mikrokapsul monolaurin. Berdasarkan kadar lemak yang tersalut, maka mikrokapsul monolaurin terbaik diperoleh dengan bahan pengkapsul dengan perbandingan gum arab:malto dekstrin 1:2 dan konsentrasi monolaurin 7,5%.

LOADING LIST...
sannasiregar012@gmail.com
sanna siregar - Personal Name
Ngatirah, SP.MP - Personal Name
Ir. Sunardi, M. Si - Personal Name
081393759957
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...