NGATIRAH, SP. MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Pemberian Mikrokapsul Monolaurin Terhadap Profil Darah dan Pertumbuhan Tikus Putih


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh pemberian enkapsulasi monolaurin terhadap profil darah tikus dan pertumbuhan tikus putih. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh pemberian encapsulated monolourin terhadap profil darah dan pertumbuhan tikus putih.
Rancangan pada penelitian ini menggunakan 2 rancangan berbeda yaitu rancangan pertama adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) yang terdiri dari 2 faktor dengan 6 taraf (pemberian mikrokapsul monolaurin) sebagai faktor pertama dan waktu sebagai faktor kedua. Kelompok A adalah tikus sehat yang tidak diberi mikrokapsul monolaurin, kelompok B adalah tikus sehat yang diberikan mikrokapsul monolaurin dosis setengah, kelompok C adalah tikus sehat yang diberikan mikrokapsul monolaurin dosis normal, kelompok D adalah tikus sakit yang diberikan mikrokapsul monolaurin setengah, kelompok E adalah tikus sakit yang diberikan mikrokapsul monolaurin dosis normal dan kelompok F adalah tikus sakit yang tidak diberikan mikrokapsul monolaurin. Faktor ke dua yaitu lama waktu pemberian mikrokapsulmonolaurin (B1 1 minggu, B2 2 minggu). Analisis yang dilakukan yaitu berat badan, Kenaikan berat badan, konsistensi feses, dan profil darah tikus.
Hasil penelitian ini menunjukkan Kondisi tikus dan pemberian dosis tidak berpengaruh terhadap berat badan dan kenaikan berat badan, kadar kolesterol, LDL, HDL dan trigliserida. Lama waktu pemberian mikrokapsul monolaurin akan berpengaruh terhadap penurunan kadar kolesterol dan HDL secara signifikan serta peningkatan kadar trigliserida dan bobot tikus, namun tidak berpengaruh terhadap kadar LDL. Pemberian mikrokapsul monolaurin pada tikus sehat mauoun terinfeksi dengan dosis normal cenderung meningkatkan HDL dan trigliserida, serta menurunkan LDL dan kolesterol.

LOADING LIST...
ibnukhalis683@gmail.com
NGATIRAH, SP. MP. (P) - Personal Name
Ir. Sunardi, M.Si - Personal Name
Ibnu Khalis Hsb - Personal Name
082383866628
NONE
Text
INSTPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...