Mohd Irsyad; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH LAMA WAKTU FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK KOMBUCHA TEA DAUN KOPI ROBUSTA DAN DAUN KOPI ARABICA


Penelitian ini tentang kombucha tea daun kopi robusta dan arabica yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama waktu fermentasi terhadap karakteristik kombucha tea daun kopi robusta dan daun kopi arabica terhadap sifat kimia dan sifat fisik pada kombucha tea yang dihasilkan.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan acak lengkap dua faktor yaitu variasi perbandingan daun kopi robusta, daun kopi arabica dan lama waktu fermentasi. Faktor A yaitu variasi perbandingan daun kopi robusta dan daun kopi arabica terdiri dari 2 taraf yaitu A1 = Daun Kopi Robusta, A2 = Daun Kopi Arabica dan faktor B yaitu lama waktu fermentasi terdiri dari 4 taraf yaitu B1 = 4 Hari, B2 = 7 Hari, B3 = 10 Hari, B4=13 Hari. Analisis yang dilakukan yaitu pH, Total Asam, Tannin, Phenol, Kadar Kafein dan Uji Organoleptik (Warna, Aroma, Rasa).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan daun kopi robusta dan daun kopi arabica berpengaruh nyata terhadap kadar tannin, kadar phenol dan uji organoleptik (warna, rasa), sedangkan lama waktu fermentasi berpengaruh nyata terhadap pH, total asam, kadar tannin, kadar phenol, kadar kafein dan uji organoleptik (warna, aroma, rasa). Berdasarkan uji kesukaan organoleptik perlakuan yang paling disukain panelis yaitu perbandingan daun kopi arabica (A1) dengan lama waktu fermentasi 4 hari (B1) dengan kode sampel A1B1.



Kata kunci : Kombucha, Daun Kopi Robusta, Daun Kopi Arabica, Fermentation

LOADING LIST...
mhdirsyad959@gmail.com
Mohd Irsyad - Personal Name
Dr.Ir. Ida Bagus Banyuro Partha, MS - Personal Name
Dina Mardatilah STp. MSi - Personal Name
082280695535
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...