Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Partha, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MINUMAN FUNGSIONAL TEH TELANG DENGAN PENAMBAHAN BUBUK JAHE SEBAGAI ANTIOKSIDAN ALAMI


ABSTRAK
Perlunya penelitian ini untuk mendapatkan produk minuman teh dengan kadar antioksidan yang tinggi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lama oven dan suhu pengeringan teh telang berpengaruh terhadap karakteristik fiskokimia dan sensori teh telang dengan penambahan serbuk jahe Mengetahui penambahan serbuk jahe berpengaruh terhadap karakteristik fiskokimia pada teh telang. Mengetahui kombinasi lama oven dan suhu serta penambahan serbuk jahe berpengaruh terhadap karakteristik fiskomia dan tingkat penerimaan konsumen pada teh telang.
Rancangan percobaan yang dilakukan adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL), terdiri dari dua faktor yaitu, Faktor I Lama Oven dan suhu (A), dan Faktor II jumlah serbuk jahe (B) yaitu: Faktor A yaitu lama oven :A1 = 3 jam dengan suhu 70° c A2 = 4 jam dengan suhu 70° c A3 = 5 jam dengan suhu 70° c Faktor B yaitu perbandingan jumlah teh dengan penambahan serbuk jahe 3 taraf yaitu: B1 = (85% Teh telang: 15% ekstrak jahe) B2 = ( 70% Teh Telang : 30% ekstrak jahe) B3 = ( 55% Teh Telang : 45% ekstrak jahe). Parameter yang di amati adalah kadar antioksidan, vitamin c, nilai pH, kadar abu, organoleptik.
Hasil penelitian ini menunjukan faktor lama oven dan suhu berpengaruh nyata terhadap Kadar Vitamin C, Aktifitas antioksidan, akan tetapi tidak berpengaruh nyata pada pH flavonoid, Kadar abu, uji kesukaan warna, aroma dan rasa. Penambahan serbuk jahe memberikan pengaruh nyata pada aktifitas Kadar Vitamin C, pH Flavonoid, aktifitas antioksidan, uji kesukaan warna, akan tetapi tidak berpengaruh nyata pada Kadar abu, uji kesukaan aroma dan rasa. Interaksi antara lama oven dan suhu serta penambahan serbuk jahe berpengaruh nyata pada pH Flavonoid dan aktifitas antioksidan, akan tetapi tidak berpengaruh nyata pada Kadar Vitamin C, Kadar abu, uji kesukaan warna, aroma dan rasa.


Kata kunci: teh, bunga telang, jahe.

LOADING LIST...
pratamaryan589@gmail.com
082282677142
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...