Aldo Firdaus; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENURUNAN KERNEL LOSS PADA CLAYBATH DENGAN MODIFIKASI KECEPATAN UDARA PADA LIGHT TRANSPORT DRY SEPARATOR (LTDS)


Tingginya nilai losses kernel pada Claybath di pabrik Sako, Kaimantan Tengah disebabkan oleh karena banyaknya nut pecah yang tercampur pada umpan Claybath. Nut-nut pecah ini, apabila tercampur bersama umpan Claybath, akan sulit dipisahkan dengan menggunakan sistem pemisahan wet separation. Saat nut-nut tersebut masuk ke dalam Claybath, nut-nut tersebut tidak akan tenggelam bersama cangkang atau pun mengapung bersama kernel, melainkan akan melayang di tengah-tengah larutan Kalsium Karbonat. Hal ini menyebabkan sebagian nut akan terikut bersama kernel menjadi dirt dan sebagian nut akan terikut bersama cangkang menjadi losses.
Untuk megatasi masalah tersebut, maka dilakukanlah modifikasi kecepatan udara pada LTDS 2. Tujuan dilakukannya setting kecepatan udara ini ialah agar nut-nut pecah yang berpotensi menjadi losses pada Claybath tidak terikut bersama umpan Claybath lagi, melainkan jatuh di KDS 2.
Dengan menggunakan rumus perhitungan gaya angkat, maka didapatlah nilai kecepatan udara pada LTDS 2 yang tepat agar nut-nut tersebut dapat jatuh ke KDS 2. Untuk kecepatan udara pada LTDS 2A dilakukan setting kecepatan udara sebear 16,65 m/s, sedangkan pada LTDS 2B dilakukan setting kecepatan udara sebesar 18,61 m/s.
Setelah dilakukannya modifikasi kecepatan udara pada LTDS 2A dan 2B, maka terjadi penurunan nilai losses Claybath akibat nut pecah dari 1,52% menjadi 0,39% dengan penurunan nilai total losses kernel pada Claybath dari 1,94% menjadi 1,44%. Sedangkan nilai dirt setelah dilakukan setting kecepatan udara pada LTDS 2 berada pada nilai 5,63%.

LOADING LIST...
aldofirdaus77@gmail.com
Aldo Firdaus - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro, MS (P) - Personal Name
Lisma Safitri, STP, MS - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...