Arvina Astri Rahmasari; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERKECAMBAHAN JATI PUTIH (Gmelina arborea Roxb.) DENGAN PERLAKUAN PERENDAMAN ASAM SULFAT (H2SO4)


INTISARI
Dalam pembudidayaanya jati putih dapat dilakukan dengan menggunakan benih. Akan tetapi dalam proses pembudidayaanya terdapat masalah pada benih yaitu lama waktu yang dibutuhkan dalam proses perkecambahan. Maka dari itu harus dilakukan perlakuan dahulu, karena kulit benih jati yang keras. Dalam memecahkan masa dormansi biji perlakuan yang sering dilakukan adalah perlakuan secara kimiawi menggunakan asam sulfat (H2SO4) konsentrasi 96%.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui waktu perendaman yang baik dalam perkecambahan Jati Putih (Gmelina arborea Roxb.). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan tiga kali pengulangan setiap perlakuan. Pengambilan data dilakukan selama 60 hari. Terdapat enam parameter yaitu waktu awal muncul kecambah, waktu akhir muncul kecambah, waktu muncul kecambah terbanyak, waktu batas 80% kecambah, persen kecambah, indeks vigor.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa perlakuan perendaman secara kimiawi menggunakan asam sulfat (H2SO4) berpengaruh nyata terhadap semua parameter. Perlakuan perendaman 10 menit merupakan waktu perendaman terbaik.
Kata kunci: Jati Putih (Gmelina arborea Roxb.), Asam Sulfat (H2SO4), Waktu Perendaman
LOADING LIST...
jjvinarahma@gmail.com
088802776931
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...