Ir. Siman Suwadji, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EVALUASI SALURAN INFIELD DRAINAGE PADA LAHAN MINERAL SOIL ESTATE TESO PT. RAPP


Drainase merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk menangani persoalan kelebihan air baik yang berada diatas permukaan tanah, maupun air yang berada dibawah permukaan tanah. Drainase lahan memiliki keterkaitan dengan tata guna lahan yang meliputi topografi, arah aliran untuk meningkatkan plantable area. Permasalahan yang terjadi pada sistem drainase pada lahan yang menjadi areal tanam Hutan Tanaman Industri PT RAPP tergenang air, khususnya pada musim penghujan. Pada sejumlah saluran drainase, terkhusus pada infield drain dimensi yang dipakai tidak dapat menampung sehingga meluapnya air pada saluran tersebut.
Berdasarkan analisis hidrolika menggunakan rumus manning dan persamaan kontinuitas diperoleh nilai debit kapasitas tampungan saluran drainase eksisting dari dua kompartemen yaitu untuk komp. E012 drainase utama adalah lebar 1,2 meter, tinngi 1 meter, untuk saluran infield drain memiliki ukuran yang beragam dan panjang saluran 1527,2 meter dan untuk komp. E013 drainase utama memiliki lebar 1,6 meter, tinggi 1,2 meter, untuk saluran infield drain memiliki ukuran dengan lebar 1 meter dan tinggi 0,9 meter dan panjang saluran 333 meter. Pada penelitian ini melakukan analisa frekuensi curah hujan menggunakan analisis distribusi Log Pearson Type III, dari hasil analisa didapat nilai debit rancangan untuk kala ulang 2, 5, dan 10 tahun untuk dua kompartemen. Komp. E012 yaitu Q2 = 1,481 m³/detik, Q5 = 1,736 m³/detik, Q10 = 1,887 m³/detik dan Komp. E013 yaitu Q2 = 1,950 m³/detik, Q5 = 2,286 m³/detik, Q10 = 2,484 m³/detik. Kemudian dilakukannya perbandingan debit rancangan banjir dengan debit tampungan saluran dan didapatkan keterengan yaitu saluran drainase utama mampu untuk menampung besarnya debit curah hujan sedangkan untuk saluran infield drain tidak mampu menampung besarnya debit curah hujan atau debit banjir rancangan.
Maka dari itu solusi untuk mengatasi masalah banjir ini perlu dilakukannya upaya pemulihan fungsi dan penambahan ukuran penampang drainase agar mampu menampung debit yang lebih besar lagi sehingga tidak terjadi banjir lagi pada saat musim penghujan dan dilakukan perawatan rutin saluran drainase seperti pembersihan sampah kayu sisa dan gulma yang ada pada saluran.

LOADING LIST...
amanhdyt11@gmail.com
Ir. Siman Suwadji, MP - Personal Name
Didik Surya Hadi, S.Hut,MP - Personal Name
RAHMAN HIDAYAT - Personal Name
085382280027
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...