Ir. Sushardi S.Kh MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFEKTIVITAS ALAT MISTBLOWER DAN KNAPSACK TERHADAP SERANGAN HAMA THRIPS sp. PADA TANAMAN INDUK (MOTHER PLANT) ACACIA CRASSICARPA DI KERINCI CENTRAL NURSERY I EAST


PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) merupakan Perusahaan yang bergerak dalam industri kehutanan dengan membudidayakan tanaman Eucalyptus dan Acacia sebagai tanaman utama. Keberhasilan budidaya tanaman industri tentu tidak terlepas dari proses pengendalian hama yang menyerang tanaman yang dibudidayakan termasuk di persemaiam/Nursery. Salah satu hama yang potensial di Tanaman Induk /Mother Plant Acacia crassicarpa adalah Thrips sp. Apabila hama tersebut tidak dilakukan pengendalian maka dapat menyebabkan penurunan kualitas bibit. Pengendalian hama yang berhasil salah satunya dengan penggunaan alat yang tepat, maka diperlukan uji alat pengendalian hama dengan tujuan agar dapat menjadi pertimbangan bagi operasional perusahaan agar dapat menentukan alat yang tepat dalam pengaplikasian sehingga dapat mengurangi serangan hama.
Penelitian di Mother Plant House menggunakan uji T Tabel atau T Test untuk membandingkan 2 variabel yaitu alat Mistblower dan Knapsack. Pengambilan sample menggunakan intensitas sampling 5% pada setiap plot. Sample perlakuan sebanyak 3 plot/3 ulangan. Parameter dalam penelitian ini adalah insidensi dan severitas serangan hama Thrips sp. Proses pengambilan data dilakukan 3 kali yaitu sebelum aplikasi, hari ke-tiga setelah aplikasi dan hari ke-enam setelah aplikasi karena efektivitas insektisida Endure 120SC hanya bertahan selama 6 hari.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa insidensi atau tingkat kejadian serangan hama Thrips sp. sebelum aplikasi sebesar 69,79% kategori berat, sedangkan setelah aplikasi sebesar 31,77% kategori sedang, Sehingga penurunan serangan sebesar 38,02%. Hasil analisis uji T menunjukan bahwa perbandingan dua alat dengan melihat nilai penurunan serangan/ severitas menunjukan bahwa alat Mistblower (27,61)% tidak berbeda nyata dibandingkan alat Knapsack (26,57).
LOADING LIST...
Christopherkevinn07@gmail.com
Ir. Sushardi S.Kh MP. - Personal Name
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
Christopher Kevin - Personal Name
089620748842
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...