Ir. Sugeng Wahyudiono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERTUMBUHAN TANAMAN EUCALYPTUS HYBRID PADA BERBAGAI MACAM JENIS DAN DOSIS PUPUK


PT. Toba Pulp Lestari Tbk. adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri kehutanan dalam memproduksi pulp dan kertas. PT. TPL dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan kayu dikirim ke pabrik melakukan serangkaian tindakan-tindakan pembinaan tanaman Eucalyptus hybrid seperti penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan. Pemeliharaan tanaman pokok merupakan sebuah upaya yang dilakukan agar tanaman pokok dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.
Salah satu kegiatan pemeliharaan yang dilakukan adalah pemupukan menggunakan pupuk ZA dan MOP. Tetapi pertumbuhan setelah pemupukan masih terdapat banyak tanaman yang pertumbuhannya kurang efektif sehingga dilakukan penelitian menggunakan pupuk NPK, apakah lebih baik dibandingkan dengan pupuk ZA dan MOP untuk pertumbuhan tanaman. Perlakuan yang diuji terdiri dari (1). Tanpa pupuk (kontrol), (2). 50 g ZA dan 45 g MOP, (3). 50 g NPK, (4). 100 g NPK dan (5). 150 g NPK.
Hasil penelitian menunjukkan perbandingan pupuk tidak berbeda nyata terhadap pertumbuhan tinggi dan diameter tanaman Eucalyptus hybrid. Meskipun demikian hasil terbaik yang diperoleh dari perlakuan pupuk NPK 50 g.
LOADING LIST...
henp0908@gmail,com
082267341743
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...