Ir. Ni Made Titiaryanti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SOLID DECANTER TERHADAP JUMLAH SEX RATIO DI TANAMAN MENGHASILKAN PADA JENIS TANAH YANG BERBEDA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh solid decanter terhadap pertumbuhan bunga pada kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan di lahan yang terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Propinsi Riau.
Percobaan dilakukan dalam Rancangan Tersarang yang terdiri dari 2 faktor yaitu jenis tanah dan dosis solid. Jenis tanah terdiri dari 3 aras yaitu tanah lempungan, tanah gambut, dan tanah pasiran. Dosis solid terdiri dari 4 aras yaitu kontrol (tanpa solid), dosis 5 kg, dosis 10 kg, dan 15 kg.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan jenis tanah dan dosis solid tidak ada interaksi nyata terhadap pertumbuhan bunga kelapa sawit. Perlakuan jenis tanah memberikan pengaruh nyata kepada pertumbuhan bunga dan buah hitam kelapa sawit khususnya pada tanah lempung dan gambut, sedangkan pada dosis solid 15 kg memberikan pengaruh nyata kepada pertumbuhan bunga dan buah hta kelapa sawit khususnya pada jenis tanah lempungan, gambut dan pasiran.
Hasil penelitian sex ratio menunjukan bahwa perlakuan jenis tanah dan dosis solid memiliki hasil nyata di masing-masing perlakuan dosis solid decanter. Pemberian solid decanter 10 kg dan 15 kg adalah yang paling tepat dan sex ratio terbaik yaitu pada jenis tanah pasiran pada perlakuan dosis solid 15 kg yaitu 0,59%.

Kata kunci : Jenis tanah, dosis solid, bunga kelapa sawit, sex ratio
LOADING LIST...
syahputra.viyan420@gmail.com
081216538599
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...