Dr. Ir. Rawana, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Perbandingan Persamaan Penaksir Biomassa Pancang dan Tiang Pada Vegetasi Riparian di PT.Rimba Makmur Utama


Pemanasan global adalah meningkatnya temperatur suhu rata-rata di bumi sehingga beraikbat pada perubahan iklim. Mitigasi perubahan iklim adalah tindakan aktif untuk mencegah atau memperlambat terjadinya perubahan iklim /pemanasan global dan mengurangi dampak perubahan iklim/pemanasan global dengan cara menstabilkan konsentrasi volume gas rumah kaca. Salah satu yang dapat membantunya adalah keberadaan vegetasi berkayu. Vegetasi riparian adalah vegetasi yang berada pada daerah peralihan darat dan air. Salah satunya berfungsi sebagai kantong karbon. Untuk menaksir potensi vegetasi sebagai penyerap dan penyimpan karbon, dibutuhkan penaksiran (estimasi) biomasa pohon. Melalui model alometrik, biomassa dari suatu pohon dapat diduga hanya dengan memasukkan parameter diameter, tinggi, atau kombinasi keduanya sehingga biomassa tegakan dalam suatu ekosistem dapat dihitung.
PT. RMU memiliki daerah riparian dan termasuk hutan rawa gambut beriklim lembab, yang belum ditaksir berapa kandungan biomassanya. Sementara itu persamaan penaksir biomassa vegetasi riparian dengan jenis-jenis yang terdapat pada PT. RMU belum ditemukan, Maka pada penelitian ini menaksir biomassa dengan membandingkan dua persamaan penaksir biomassa (Chave et.al., 2005) dan persamaan allometrik Hutan Rawa Gambut (Jaya et.al., 2007). Plot diletakkan secara sistematik dan berbentuk garis berpetak memanjang daerah riparian. Ukuran plot adalah 10 x 10 m untuk tiang dan 5 x 5 m untuk pancang, dengan jumlah 10 plot. Variabel yang diukur adalah diameter dan tinggi pohon, sedangkan berat jenis diperoleh dari berbagai referensi. Pengujian tiga persamaan penaksir biomassa dilakukan dengan menggunakan uji RAL dengan bantuan Microsoft Excel.
Hasil penelitan ini diperoleh nilai rata-rata biomassa pada vegetasi di daerah riparian PT. Rimba Makmur Utama tingkat pancang berkisar antara 15,3570 ton/ha sampai 21,5388 ton/ha. Untuk rata-rata biomassa tiang berkisar antara 7,8799 ton/ha sampai 16,4834 ton/ha, sedangkan simpanan karbon rata-rata yang ada berkisar antara 10,9214 ton/ha sampai 17,8704 ton/ha. Untuk rata-rata serapan karbon berkisar 40,0814 ton/ha sampai 65,5843 ton/ha. Dari ketiga persamaan biomassa yang dipakai dalam penelitian ini persamaan Chave et al. (2005) yang menggunakan penaksir tinggi dan diameter menghasilkan taksiran biomassa yang berada diantara ke dua persamaan yang lain.
LOADING LIST...
tama45raharjo@gmail.com
Dr. Ir. Rawana, MP - Personal Name
Dr. Ir. Tatik Suhartati, MP (P) - Personal Name
Tama Ramadan - Personal Name
08122501895
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...