Dr. Ir. Rawana, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Uji Pengaruh Rasio Dosis Pupuk MOP(Muriate of potash)dan AC(Ammonium chloride) Terhadap Pertumbuhan Eucalyptus pellita Umur 2 Bulan Di Estate Teso PT.RAPP


INTISARI
Dalam hutan tanaman industri salah satu faktor yang berpengaruh dalam budidaya tanaman adalah pemupukan, salah satunya pada tanaman Eucalyptus pellita. Pemberian pupuk yang tepat dapat mempengaruhi tinggi dan diameter tanaman. Pemupukan merupakan satu tahapan yang paling penting dalam penanaman. Saat melakukan pemupukan juga harus memperhatikan takaran pemupukan yang paling tepat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan mendapatkan pertumbuhan yang optimal.
Penelitian dilakukan di Estate Teso, PT RAPP, Pada kompartemen E.012, Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok lengkap (Randomized Complete Block Design) dengan menggunakan 4 perlakuan yaitu perlakuan 1 pupuk 70 gram MOP(Muriate of Potash), 70 gram AC(Ammonium chloride), perlakuan 2 pupuk 80 gram MOP(Muriate of Potash),80 gram AC(Ammonium chloride), Perlakuan 3 pupuk 90 gram MOP(Muriate of Potash), 90 gram (Ammonium chloride), perlakuan 4 pupuk 100 gram MOP(Muriate of Potash), 100 gram AC(Ammonium chloride). Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah pertumbuhan tinggi dan diameter tanaman Eucalyptus pellita umur 2 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis yang tepat dan yang lebih mempengaruhi pertumbuhan tinggi dan diameter Eucalyptus pellita umur 2 bulan pada saat planting dengan metode one shoot ferlizer di Estate Teso PT. RAPP.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan rasio dosis pupuk MOP 80 gr dan AC 80 gr memberikan pengaruh pertumbuhan diameter terbaik dibandingkan dengan rasio dosis pupuk lainnya. Dan perbedaan berbagai rasio dosis pupuk tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan tinggi eucalyptus pellita.

Kata kunci : Eucalyptus Pellita, pupuk AC, pupuk MOP

LOADING LIST...
m.yudisaputra7600@gmailcom
082347381770
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...