Dra. Suprih Wijayani, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFEKTIVITAS ZPT Indole Butyric Acid (IBA) DAN Naphthaleneacetic Acid (NAA) TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI Eucalyptus pellita


Bahan baku utama produksi hutan tanaman industri di PT. RAPP adalah kayu. Oleh karena itu, pemenuhan sumber daya dan bahan baku secara mandiri dilakukan dengan menerapkan silvikultur intensif, salah satunya pemberian ZPT auksin sebagai penunjang perangsangan akar semai. Auksin disintesis pada bagian tertentu tumbuhan kemudian ditranslokasikan ke bagian lain pada tumbuhan. Auksin yang sudah beredar adalah IBA (Indole Butyric Acid) dan NAA (Naphthaleneacetic Acid).
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh berbagai ZPT campuran IBA dan NAA terhadap pertumbuhan akar semai Eucalyptus pellita klon CEP 006. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan faktor tunggal dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pengamatan dilakukan selama 35 hari dengan mengukur parameter antara lain: tinggi semai, daya bertahan hidup, persentase berakar, persentase akar kompak, panjang akar, dan banyak akar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pemberian berbagai ZPT campuran IBA dan NAA berpengaruh nyata terhadap tinggi semai, dan kemampuan berakar. Namun, tidak berpengaruh nyata terhadap parameter kekompakan akar, persentase bertahan hidup, jumlah akar, dan panjang akar.

LOADING LIST...
zefangan11@gmail.com
081228469897
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...