Indah Anjarsari; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK PENGELOLAAN DAN POTENSI HUTAN RAKYAT BERBASIS PINUS (Pinus merkusii) (DI KECAMATAN NGRAYUN KABUPATEN PONOROGO)


INTISARI

Di Indonesia terdapat berbagai macam tipe hutan rakyat, dalam setiap hutan rakyat memiliki karakteristik yang berbeda. Hutan rakyat Ngrayun Kabupaten Ponorogo didominasi oleh tanaman pinus (Pinus merkusii) yang menghasilkan getah dan saat ini dikenal dengan “Usaha Sadap Getah Pinus Rakyat”, Ada banyak faktor yang mempengaruhi pengelolaan dan potensi hutan rakyat, oleh sebab itu diperlukan data yang mengambarkan karakteristik pengelolaan hutan rakyat, karakteristik tegakan, potensi kayu dan hasil getah.
Sampel petani dipilih KTH yang anggotanya aktif menyadap pada: KTH Arga Lestati, KTH Bina Lestari dan KTH Enggal Mulyo Lestari. Sebanyak 36 petani dipilih untuk mendiskripsikan karakteristik petani dan karakteristik pengelolaan hutan rakyat. Pengukuran dilakukan dengan membuat petak ukur 20 x 20 m menghitung rata-rata jumlah pohon per hektar (N/ha), rata-rata diameter (cm), rata-rata tinggi (m), rata-rata Lbds (m2/ha) dan volume kayu (m3/ha) untuk mendiskripsikan karakteristik tegakan dan potensi kayu. Serta data sekunder hasil penimbangan getah dari masing-masing Tempat Pengumpulan Getah (TPG).
Hasil penelitian menunjukkan pola tanam didominasi oleh pola alley cropping dengan kondisi lahan yang miring. Khusus untuk jenis pinus pemeliharaan pohonnya adalah pemangkasan cabang. Pemeliharaan koakan dalam periode 3 – 5 hari sekali. Pemanenan getah dilakukan saat pembaharuan koakan dan beberapa hari sebelum penimbangan getah. Pemasaran hasil getah melalui KTH yang bekerjasama dengan CV Rimbun Sejahtera dan CV Pinus Mulyo. Potensi pinus paling tinggi pada pola murni 347,25 m3/ha dengan hasil getah 78,56 kg/bulan dan terendah pola trees along border 152,81 m3/ha dengan hasil getah 18,42 kg/bulan.

LOADING LIST...
indahanjar14@gmail.com
Indah Anjarsari - Personal Name
Ir. Sugeng Wahyudiono, MP - Personal Name
Dr. Ir Tatik Suhartati (P) - Personal Name
081212719873
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...