Ir. Surodjo Taat Andayani, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PANJANG STEK DAN UKURAN POTONGAN DAUN TERHADAP KEMAMPUAN TUMBUH TANAMAN EUCALYPTUS PELLITA DI BASERAH CENTRAL NURSERY


Eucalyptus pellita F. Muell merupakan salah satu jenis tanaman cepat tumbuh yang sedang dikembangkan melalui program pemuliaan. PT RAPP menggunakan Eucalyptus pellita menjadi salah satu bahan baku dalam memproduksi Pulp and Paper. Banyak kegiatan Kultur teknis yang diusahakan dapat memperbaiki mutu semai pada persemaian PT RAPP, Salah satunya yaitu dengan Stek. Stek merupakan pemotongan ukuran daun stek menjadi lebih kecil untuk mengurangi penguapan pada semai.
Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis perlakuan Panjang stek dan ukuran potongan daun terhadap kemampuan berakar pada semai Eucalyptus pellita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan faktor tunggal dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pengamatan dilakukan selama 49 hari dengan mengukur parameter antara lain: tinggi semai, daya bertahan hidup, persentase berakar, persentase akar kompak, panjang akar, dan banyak akar.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jenis Panjang stek dan ukuran potongan daun yang berbeda berpengaruh nyata terhadap tinggi semai dan kekompakan akar. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap kemampuan berakar, persentase bertahan hidup, jumlah akar, dan Panjang akar.

LOADING LIST...
fikriprayoga28@gmail.com
Ir. Surodjo Taat Andayani, MP (P) - Personal Name
Dr. Ir. Rawana, MP - Personal Name
Fikri Prayoga - Personal Name
082289756146
NONE
Text
2022
yogyakarta
LOADING LIST...