Fransiska Difa Dwi Harjanti; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PUSAT LATIHAN GAJAH DI DESA SUKA BARU, KECAMATAN MARGASAKTI SEBLAT KABUPATEN BENGKULU UTARA


Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan salah satu fauna yang sudah langka dan membutuhkan pelestarian dan perlindungan. Keberadaan Pusat Latihan Gajah diharapkan dapat mengurangi konflik manusia dengan gajah. Lokasi Pusat Latihan Gajah Seblat berada di Kecamatan Margasakti seblat, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Pusat Latihan Gajah Seblat Dikelola langsung dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bengkulu.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Margasakti Seblat, Kabupaten Bengkulu Utara. Pengambilan data kuisioner dilakukan di 9 Desa yaitu Desa Suka Baru, Air Putih, Suka Makmur, Suka Maju, Karya Pelita, Karya Bakti, Suka Negara, Karya Jaya dan pasar kamis. Metode yang di terapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara dan kuisioner, menggunakan pemilihan sampling purposive sampling.
Persepsi masyarakat terhadap adanya pusat latihan gajah seblat berdasarkan karakteristik responden. Masyarakat memilih kategori sikap baik dikarenakan masyarakat banyak terbantu dengan tersedianya sarana dan prasarana, pelayanan dan pengembangan aktivitas ekonomi di pusat latihan gajah Seblat. Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pusat latihan gajah Seblat melalui penyerapan tenaga kerja lokal, tenaga tranportasi dan tenaga pencari pakan gajah.

LOADING LIST...
fransiskadivadwiharjanti@gmail.com
082280187006
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...