Umar Abdurrahman Wahid; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH METODE DAN WAKTU PENGUKUSAN BRONDOLAN BUAH SAWIT TERHADAP SIFAT MINYAK SAWIT YANG DIHASILKAN


Bahan baku dan tahapan proses merupakan hal sangat penting untuk menghasilkan minyak sawit yang baik. Tujuan penelitian ini untuk Mengkaji cara pemberian uap panas dan lama waktu pemberian uap panas (pengukusan dan sterilisasi) brondolan terhadap sifat minyak sawit yang dihasilkan serta mendapatkan cara dan waktu pemberian uap panas (pengukusan dan sterilisasi) brondolan yang baik terhadap minyak sawit.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan blok lengkap dua faktor. Faktor pertama yaitu cara pemberian uap panas buah kelapa sawit A1 = dikukus A2 = sterilisasi (dengan autoklaf), dan faktor kedua adalah waktu pemberian uap panas buah kelapa sawit yaitu B1 = 45 menit B2 = 60 menit B3 = 75 menit B4 = 90 menit. Parameter yang diamati yaitu kadar air mesokarp, kadar lemak mesokarp, kadar asam lemak bebas, kadar karoten, DOBI, potensi rendemen, kotoran minyak sawit, kadar air minyak sawit.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh cara pemberian uap panas buah kelapa sawit (A) berpengaruh terdahap asam lemak bebas, DOBI, kotoran dan lama waktu (B) berpengaruh terhadap asam lemak bebas, DOBI, kotoran. Sedahkan pengaruh metode pemberian uap panas (A) dan lama waktu (B) ada yang tidak berpengaruh nyata seperti kadar air mesokarp, kadar lemak mesokarp, potensi rendemen, analisis karoten, kadar air minya. Berdasarkan parameter yang diamati dalam penelitian ini, pengobatan terbaik adalah A2B1, yaitu menggunakan autoklaf dan panjang 45 menit dengan hasil DOBI 3,35%, kadar karoten 470,36 ppm, kandungan lemak mesocarp 43,35 %, potensi hasil 41,58 %, kotoran 3,35 %, kadar air minyak 1,00 %, kadar air mesocarp 24,33 %, kandungan ALB 7,89 %.

Kata kunci : jenis pemanasan, lama waktu, minyak sawit.

LOADING LIST...
alimarputra@gmail.com
082244170762
NONE
Text
INSTIPER
2022
Yogyajarta
LOADING LIST...