Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Pharta, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BELIMBING WULUH (Averrhoa blimbi L.) TERHADAP MUTU PERMEN KERAS KULIT BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus)


Perlunya penelitian ini untuk mendapatkan produk permen keras yang baik tergantung dari bahan baku dan tahapan proses pengolahannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak kulit buah naga dan ekstrak belimbing wuluh terhadap sifat pemen keras yang dihasilkan.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan blok lengkap dua faktor. Faktor pertama yaitu penambahan ekstrak kulit buah naga merah A1 = 30% (b/v) A2 = 40% (b/v) A3 = 50% (b/v), dan faktor kedua penambahan ekstrak belimbig wuluh B1 = 5% (b/v) B2 = 10% (b/v) B3 = 15% (b/v). Analisis yang dilakukan yaitu kadar air, kadar abu, gula reduksi, vitamin C, aktivitas antioksidan, serat kasar dan uji organoleptik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan penambahan ekstrak belimbing wuluh berpengaruh terhadap vitamin C dan serat kasar, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, gula reduksi, aktivitas antioksidan, uji kesukaan warna, uji kesukaan aroma, uji kesukaan tekstur dan uji kesukaan rasa. Penambahan ekstrak kulit buah naga tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, gula reduksi, aktivitas antioksidan, vitamin C, serat kasar, uji kesukaan warna, uji kesukaan aroma, uji kesukaan tekstur dan uji kesukaan rasa. Berdasarkan uji kesukaan organoleptik sampel yang paling disukai yaitu penambahan ekstrak kulit buah naga 50% (b/v) dan penambahan ekstrak belimbing wuluh 5% (b/v) dengan hasil nilai kesukaan 5,10 (agak suka), kadar air 0,33%, kadar abu 0,83%, kadar gula reduksi 46,67%, vitamin C 26,16 mg/100 gram, aktivitas antioksidan 60,11% dan serat kasar 0,55%.
Kata kunci : permen keras, kulit buah naga, belimbing wuluh.

LOADING LIST...
jimmysipayung14@gmail.com
081215741243
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...