Ir. Siman Suwadji, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAM COCOPEAT DAN ARANG SEKAM TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI SENGON (Falcataria moluccana) DENGAN HINDROPONIK


Secara ekologis Sengon (Falcataria moluccana) mampu menaikkan kualitas lingkungan, misalkan kesuburan tanah, membenahi tata air serta membuat iklim mikro. Ini dikarenakan sifat morfologis dari famili fabaceae yaitu mempunyai perakaran yang dalam dan seresah daun cepat membusuk. Dari kriteria tersebut, tanaman Sengon (Falcataria moluccana) biasanya dikembangkan sebagai komoditas tanaman dalam pengusahaan hutan tanaman dalam skala besar seperti Hutan Tanaman Industri. Pemanfaatan jenis tersebut meluas untuk kayu pertukangan antara lain triplek, peti kemas, korek api, konstrusi ringan dan juga sebagai bahan baku pembuatan pulp dan kertas. Pemilihan jenis tanaman yang akan dibudidayakan, pengetahun dalam pengelolaan hasil dan silvikultur sangatlah penting guna menunjang terwujudnya pengelolaan hutan yang berkelanjutan.
Bahan organik seperti cocopeat dan sekam bakar padi sangat potensial sebagai tambahan media altenatif mengganti atau mengurangi penggunaan pasir. Salah satu kelebihan penggunaan bahan organik sebagai media tanam adalah memiliki struktur yang dapat menjaga keseimbangan aerasi. Bahan-bahan organik terutama yang bersifat limbah yang ketersediaannya melimpah dan murah dapat dimanfaatkan untuk altenatif media tumbuh yang sulit digantikan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perbandingan media tanam cocopeat dan arang sekam terhadap pertumbuhan sengon dengan tehnik hidroponik dan mengetahui kombinasi komposisi media tanam cocopeat dan arang sekam yang tepat pada pertumbuhan sengon dengan tehnik hidroponik. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan dengan faktor tunggal dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Parameter yang digunakan yaitu tinggi semai, diameter, jumlah daun, indeks kekokohan, panjang akar. Pengamatan dilakukan dengan mengamati dan mengukur langsung sampel percobaan.
Hasil penelitian menunjukan perlakuan perbandingan media cocopeat dan arang sekam tidak memberikan pengaruh nyata terhadap seluruh parameter pertumbuhan semai sengon (Falcataria moluccana).

LOADING LIST...
adeliapradnyandari99@gmail.com
085790431451
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...