ANDI ZAKARIA PARDOSI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK KIMIA DAN ORGANOLEPTIK KOPI ARABIKA FULLWASH DENGAN PERLAKUAN KONSENTRASI OZON DAN SUMBER AIR YANG DIGUNAKAN


KARAKTERISTIK KIMIA DAN ORGANOLEPTIK KOPI ARABIKA FULLWASH DENGAN PERLAKUAN KONSENTRASI OZON DAN SUMBER AIR YANG DIGUNAKAN
ANDI ZAKARIA PARDOSI
17/19138/THP/STIPP


Intisari
Telah dilakukan penelitian tentang karakteristik kimia dan organoleptik kopi arabika fullwash dengan perlakuan konsentrasi ozon dan sumber air yang digunakan dengan mengetahui dan menganalisis pengaruh penambahan ozon dengan konsentrasi 0,2 mg/l 0,4 mg/l dan 0,6 mg/l serta pengaruh penggunaan air sumur, air sungai dan air hujan dengan metode fullwash terhadap karakteristik kimia dan organoleptik kopi arabika, dan mengetahui perlakuan mana yang paling disukai oleh panelis.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan blok lengkap (RBL) yang terdiri dari dua faktor perlakuan yaitu: faktor pertama (A) adalah konsentrasi ozon terdiri dari 3 taraf yaitu A1 (0,2mg/l), A2 (0,4mg/l), A3 (0,6mg/l). Sedangkan faktor kedua (B) adalah sumber air yang terdiri dari 3 taraf yaitu B1 (air sumur), B2 (air sungai), B3 (air hujan).
Analisis yang dilakukan pada penelitian ini yaitu: kadar abu, kadar kafein, pH fermentasi, gula reduksi, total asam, uji organoleptik keasaman, uji organoleptik aroma, uji organoleptik rasa dan analisis keseluruhan organoleptik. Hasil analisis pada penelitian menunjukan bahwa, konsentrasi ozon berpengaruh terhadap analisis kadar kafein, gula reduksi, total asam dan aroma green bean. Sedangkan sumber air berpengaruh terhadap analisis gula reduksi dan total asam green bean, dan perlakuan yang paling disukai oleh panelis yaitu pada sampel konsentrasi ozon dan sumber air sumur (A3B1) dengan skor 7.999% (baik sekali).

Kata Kunci : Kopi Arabika, Fullwash, Ozon, air sumur, air sungai, air hujan


LOADING LIST...
wakandi57@gmail.com
082138571543
NONE
Text
Indonesia
2022
yogyakarta
LOADING LIST...