Andika Chosy Pratama; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI PERBANDINGAN METODE PEMUPUKAN CIRCLE Dan SLIT PADA TANAMAN Acacia crassicarpa UMUR 8 MINGGU Di ESTATE PELALAWAN PT. RAPP


INTISARI
Pemupukan merupakan satu tahapan yang paling penting dalam penanaman. Saat melakukan pemupukan juga harus memperhatikan metode pemupukan yang paling baik digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan mendapatkan pertumbuhan yang optimal. PT. RAPP menggunakan metode pemupukan circle sejak membuka areal produksi di lahan gambut. Pemupukan ini dilakukan dengan cara menyebar pupuk secara merata di atas permukaan tanah. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk chelate dengan dosis 5 gram/pokok. Praktik pemupukan dengan cara lingkaran ini masih terdapat kekurangan. PT. RAPP menginginkan metode pemupukan yang efisien, biaya rendah dan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman menjadi optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pemupukan yang lebih baik digunakan di lahan gambut terhadap pertumbuhan tinggi dan diameter tanaman Acacia crassicarpa. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan dua metode pemupukan yang berbeda agar dapat mengetahui metode pemupukan yang lebih baik untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang optimal.
Penelitian ini dilakukan di Estate Pelalawan PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok lengkap (Randomized Complete Block Design) dengan menggunakan dua metode pengobatan yaitu pemupukan metode lingkaran dan pemupukan metode celah. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah pertumbuhan tinggi dan diameter tanaman Acacia crassicarpa umur 8 minggu. Hasil dari penelitian ini adalah metode pemupukan circle dan slit tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi dan diameter tanaman Acacia crassicarpa umur 8 minggu. Perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai metode pemupukan yang baik dan benar, sehingga pertumbuhan tinggi dan diameter dapat mencapai titik optimal dan melakukan pengamatan dengan interval waktu yang cukup lama dalam melihat pertambahan tinggi dan diameter tanaman.

Kata kunci : Acacia crassicarpa, Metode Pemupukan, Pupuk Chelate
LOADING LIST...
andikachosypratama@gmail.com
082283177323
NONE
Text
2022
LOADING LIST...