MENTARI KELANA DEVI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS PESTISIDA NABATI SEBAGAI PENGENDALI HAMA KUTU PUTIH (Bemisia tabaci) PADA BIBIT SENGON (Falcataria mollucana)


Salah satu masalah yang dihadapi dalam budidaya bibit sengon (Falcataria mollucana) adalah rawan terhadap serangan hama, salah satunya adalah hama kutu putih (Bemisia tabaci). Serangan hama yang menyerang persemaian sengon dapat mengganggu pertumbuhan dan mengurangi kualitas bibit bahkan dapat menyebabkan kematian bibit. Berbagai jenis tumbuhan mengandung senyawa tertentu seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, steroid, azadirachta, triterpenoid, dan asam amino yang bersifat repellent dan antifeedan sehingga serangga enggan untuk memakan tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai jenis pestisida nabati yaitu ekstrak daun mahoni (Swietenia macrophylla), mimba (Azadirachta indica), mengkudu (Morinda citrifolia), dan pepaya (Carica papaya) terhadap penurunan insidensi (tingkat kejadian) dan penurunan severitas (tingkat keparahan) serangan hama kutu putih (Bemisia tabaci) pada bibit sengon berumur 4 bulan.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) dengan menggunakan 1 faktor perlakuan yaitu berbagai jenis pestisida nabati yang terdiri atas ekstrak daun mimba, mahoni, mengkudu dan pepaya yang diekstrak dengan menggunakan etanol 96% . Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah penurunan insidensi dan penurunan severitas (tingkat keparahan) serangan hama kutu putih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai jenis pestisida nabati berpengaruh nyata terhadap penurunan insidensi dan severitas serangan hama kutu putih. Ekstrak daun mimba menghasilkan penurunan insidensi dan penurunan severitas yang lebih tinggi dibandingkan ekstrak daun mahoni, pepaya, dan mengkudu yaitu sebesar 81% dan 58%.
LOADING LIST...
kelanamkd19@gmail.com
MENTARI KELANA DEVI - Personal Name
KARTI RAHAYU K.,S.Hut,MP - Personal Name
IR. SURODJO TAAT ANDAYANI,MP - Personal Name
085740118809
NONE
Text
INSTIPER
2022
Yogyarta
LOADING LIST...