Afridian Putra; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS PEMANENAN TEGAKAN Eucalyptus sp. MENGGUNAKAN DUA ALAT HARVESTER DI ESTATE BASERAH PT. RAPP


Kegiatan pemanenan (harvesting) dilakukan untuk memenuhi permintaan bahan baku di pabrik. Dalam pelaksanaan penebangan PT. RAPP menggunakan 2 sistem, yaitu sistem semi mekanis dan full mekanis Berdasarkan namanya, penebangan kayu dengan sistem semi mekanis menggunakan teknik manual yang membutuhkan tenaga manusia dan mesin, sedangkan sistem full mekanis kegiatan penebangan kayunya menggunakan mesin. Alat berat yang di gunakan di sistem full mekanis adalah Harvester. Tipe unit alat Harvester yang berbeda dapat menyebabkan hasil dari produktivitas kayu dan biaya yang di keluarkan bervariasi. sehingga dilakukan penelitian mengenai pengaruh tipe unit alat Harvester terhadap produktivitas pada proses pemanenan eucalyptus sp. menggunakan alat Harvester.
Penelitian akan dilaksanakan di Estate Baserah,PT Riau Andalan Pulp and Paper, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu sampel yang dipilih adalah kompartemen tertentu yang terdapat kegiatan pemanenan dengan sistem mekanis yang sesuai dengan tujuan penelitian. Analisis data produktivitas yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t . Uji-t adalah jenis pengujian statistika untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai yang diperoleh dari dua kelompok pengukuran.
Dari hasil penelitian ini didapatkan data bahwa perbedaan alat Harvester mempengaruhi produktivitas dan baiya. Produktivitas Harvester Caterpillar memiliki hasil rata-rata produktivitas 12,75 m3/jam. Untuk Harvester Komatsu memiliki hasil rata-rata produktivas 10,22 m3/jam. Biaya Harvester Caterpillar memiliki hasil rata-rata biaya adalah Rp. 65.968 /m3. Sedangkan pada pemanenan alat Harvester Komtasu Rp. 68.505 /m3.

LOADING LIST...
afridianputra@gmail.com
Afridian Putra - Personal Name
: Hastanto Bowo Woesono, S.Hut, MP (P) - Personal Name
Ir. Siman Suwadji MP - Personal Name
082249385358
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...