Ir. Sushardi, S.Kh., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERBANDINGAN DUA MERK EXCAVATOR DEBARKER PONTON DARAT TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS KUPAS KAYU Eucalyptus sp


Debarking adalah salah satu kegiatan departemen harvesting yang berada pada kegiatan proses harvesting. Debarking berperan penting dikarenakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang menentukan hasil yang akan diolah di pabrik. Permasalahan pada kegiatan Debarking ini adalalah masih adanya kulit kayu hasil pengupasan yang masih teringgal di bagian kayu sehingga akan terjadi kesulitan pada saat pengolahan di pabrik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui produktivitas dan kualitas pengupasan kulit kayu menggunakan Debarker Ponton Darat dengan merk yang berbeda.
Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian studi kasus, yaitu tentang menentukan perbandingan antara dua merk alat excavator debarker ponton darat yang dilaksanakan di areal tanah mineral. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Analisis data menggunakan T-test untuk menilai apakah mean dan keragaman dari dua kelompok berbeda secara statistik. Parameter yang diamati adalah produktivitas dan kualitas pengupasan kulit kayu Eucalyptus sp dengan menggunakan ponton darat kupas yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan rata-rata jumlah produktivitas kupas kayu dari dua alat yang berbeda yaitu 9,08 m3/jam dan 8,70 m3/jam. Hasil dari penelitian mengenai kualitas kupas juga menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai kualitas kupas kayu dari dua alat yang berbeda yaitu, 93,47% dan 91,37 %.

LOADING LIST...
davnababan10@gmail.com
081367326007
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...