Dr. Ir. Purwadi, MS.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KERAGAAN ALAT TRANSPORTASI PENEN KELAPA SAWIT PERUSAHAAN (DT) DENGAN KONTRAKTOR DI PT.FENYEN AGRO LESTARI


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami proses sistem pengangkutan hasil panen kelapa sawit menggunakan alat transportasi panen perusahaan (DT) dengan alat transportasi panen kontraktor menuju pabrik, efektivitas dan efisiensi biaya yang di keluarkan oleh alat transportasi panen perusahaan (DT) dengan alat transportasi panen kontraktor untuk mengangkut TBS menuju pabrik, dan biaya yang digunakan dalam proses pemeliharaan dan perawatan alat transportasi panen kelapa sawit di PT. Fenyen Agro Lestari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparatif. Analisis yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dimana metode ini akan menjelaskan atau mendeskripsikan sesuatu hal yang terjadi dilapangan,dengan tabel-tabel yang dianalisis dan dibahas lebih lanjut serta menghitung seluruh biaya operasional alat angkut buah milik perusahaan dan alat angkut milik kontraktor. Penentuan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, di PT. Fenyen Agro Lestari yang terletak di Jl. Pattimura No. 1 Bukit Ubi, Desa Rebo, Sungailiat, Bangka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses system pengangkutan yang ada di PT. Fenyen Agro Lestari diawali dengan kegiatan pemanenan yang menghasilkan berupa Tandan Buah Segar (TBS) dan Brondolan. Setelah dilakukannya proses pemanenan, Tandan Buah Segar (TBS) dan Brondolan di bawa menuju ke TPH terdekat untuk dikumpulkan dan dilakukan pencatatan kemudian akan di angkut dengan menggunakan dump truck menuju ke pabrik. Pada saat di pabrik dump truck akan ditimbang untuk mengetahui berat awal, dan diakhir sebelum keluar dari pabrik akan dilakukan penimbangan untuk mengetahui berat akhir dump truck, berdasarkan jalan, jarak, waktu dan kecepatan dump truck kontraktor lebih efektif dibandingkan dengan dump truck perusahaan sedangkan berdasarkan beban yang diangkut kedua alat angkut ini kurang efektif dikarenakan beban yang diangkut terkadang melebihi kapasitas dan lebih sering beban yang diangkut kurang dari kapasitas yang seharusnya dan berdasarkan biaya angkut dump truck perusahaan kurang efisien dibandingkan dengan dump truck kontraktor, untuk biaya yang digunakan dalam pemeliharaan alat transportasi dump truck perusahaan sebesar Rp237.500/bulan sedangkan untuk pemeliharaan alat transportasi dump truck kontraktor,perusahaan tidak ada mengeluarkan biaya.

________________________________________
Kata Kunci : Efisien, efektif, transportasi, kontraktor.


LOADING LIST...
madonarobertositumorang@gmail.com
085361846267
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...