M. Darul Falah, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Perbandingan Produktivitas Ekstraksi Menggunakan Metode Cut To Length dan Tree Length di PT.Riau Andalan Pulp and Paper


PT.RAPP menggunakan 2 metode ekstraksi yaitu metode cut to length dan metode tree length, akan tetapi didalam model ekstraksi tersebut belum ditemukan perbedaan dalam produktivitas dan efisiensinya, maka dilakukan analisis untuk melihat perbedaannya. Oleh karena itu dilakukanlah penelitian tentang ekstraksi dengan membandingan metode CTL dengan TL dan memiliki tujuan menganalisis produktivitas terbaik serta menganalisis metode ekstraksi yang efisien.
Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap, penelitian ini menggunakan alat yang sama yaitu Excavator grapple SK130HD ponton darat dengan metode yang berbeda. Dari setiap metode dihitung produktivitas dan biayanya, yang mana setiap metode dilakukan 10 siklus, yakni CTL 10 siklus dan TL 10 siklus. Disetiap siklus dihitung waktu, jarak, produksi dan biayanya pada saat penyadaran.
Dari penelitian yang dilakukan didapatkan rata-rata produktivitas Excavator ponton darat SK130HD metode TL 17,06 m³/jam pada tabel 1 dan rata-rata produktivitas Excavator ponton darat dengan metode CTL 15,05 m³/jam pada tabel 2. Pengamatan proses ekstraksi kayu menggunakan Excavator ponton darat metode CTL memiliki rata-rata biaya Rp. 20.891/m³ sedangkan Excavator ponton darat metode TL memiliki rata-rata biaya Rp. 18.524/m³. Besarnya produktivitas alat dipengaruhi oleh bentuk kayu.
LOADING LIST...
arfancs21@gmail.com
M. Darul Falah, S.Hut, MP - Personal Name
Didik Surya Hadi, S.Hut, MP - Personal Name
Kurniawan Arpandi - Personal Name
082284727318
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...