Ir. Sunardi (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN KULIT BUAH NAGA MERAH DALAM PEMBUATAN PERMEN JELLY DENGAN PENAMBAHAN SARI BUAH BELIMBING MANIS


PEMANFAATAN KULIT BUAH NAGA MERAH DALAM PEMBUATAN PERMEN JELLY DENGAN PENAMBAHAN SARI BUAH BELIMBING MANIS
RIZKI HASIHOLAN SARAGIH
17/19138/THP/STIPP


Intisari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sari kulit buah naga merah dengan penambahan sari buah belimbing manis terhadap karakteristik permen jelly, menganalisis pengaruh konsentrasi sukrosa pada pembuatan permen jelly dari sari kulit buah naga merah dan sari buah belimbing manis terhadap karakteristik permen jelly yang dihasilkan dan menentukan komposisi terbaik dari sari kulit buah naga merah dan sari buah belimbing manis dengan penambahan sukrosa yang menghasilkan permen jelly yang paling disukai oleh panelis.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan blok lengkap dua faktor. Faktor pertama (A) sari kulit buah naga dan sari buah belimbing manis yang terdiri dari 3 taraf A1: Sari kulit buah naga dan sari buah belimbing manis 30% : 70%, A2: Sari kulit buah naga dan sari buah belimbing manis 40% : 60%, dan A3: Sari kulit buah naga dan sari buah belimbing manis 50% : 50% dan faktor kedua (B) konsentrasi sukrosa yang terdiri dari dari 3 taraf yaitu B1 : 45 %, B2 : 55 %, dan B3 : 65 %. Analisis yang dilakukan adalah uji kadar air, kadar abu, gula reduksi, aktivitas antioksidan, tekstur dan uji organoleptik (warna, rasa, aroma, tekstur)
Hasil penelitian ini diketahui sari kulit buah naga merah dengan penambahan sari buah belimbing manis berpengaruh nyata terhadap aktivitas antioksidan, dan uji fisik tekstur, akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar abu, gula reduksi dan uji organoleptik. Konsentrasi sukrosa berpengaruh nyata terhadap aktivitas antioksidan, kadar air, uji fisik tekstur, akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap gula reduksi, kadar abu, dan uji organoleptik. Berdasarkan uji kesukaan organoleptik, perlakuan yang paling disukai oleh panelis A3B1 yaitu komposisi sari kulit buah naga dan sari buah belimbing manis 50 : 50 dengan penambahan sukrosa 45% dengan skor 5,28 (agak suka).
Kata kunci : Kulit buah naga, belimbing manis, permen jelly

LOADING LIST...
rizkihasiolansaragih@gmail.com
Ir. Sunardi (P) - Personal Name
Ir. Reni Astuti Widyowanti, M.Si. - Personal Name
Rizki Hasiholan Saragih - Personal Name
082165588800
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...