Dr. Ir. Candra Ginting, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS DAN CARA APLIKASI PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT DI MAIN NURSERY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan pengaruh dosis dan cara aplikasi pupuk NPK yang terbaik bagi pertumbuhan bibit kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Juni 2021.
Penelitian ini dilakuan dengan metode Rancangan Acak Lengkap yang terdiri ata dua factor. Faktor pertama yaitu Perlakuan Dosis pupuk NPK (4 g, 6 g dan 8 g) dan faktor kedua yaitu cara aplikasi pupuk NPK (disebar, dibenam, dilarutkan), perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Data hasil penelitian dianalisi dengan sidik ragam, apabila beda nyata maka akan dilanjutkan dengan DMRT jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi nyata antara pengaruh dosis dan cara aplikasi pupuk NPK pada parameter tinggi tanaman, jumlah pelepah dan diameter batang. Cara aplikasi memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan pada diameter batang, dibenam dan dilarutkan dapat menjadi rekomendasi pada semua parameter pengamatan. Demikian pada dosis pupuk NPK tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kecuali pada tinggi bibit, dosis 6 g pupuk NPK dapat menjadi rekomendasi pada semua parameter pengamatan.
Kata kunci : Cara aplikasi, Pupuk NPK, Bibit Kelapa Sawit
LOADING LIST...
sandysyaputra24@gmail.com
085262595773
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...