Didik Surya Hadi S.Hut, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Studi Efektivitas Kegiatan Ekstraksi Pada Metode Cut To Length Di PT. RAPP


Pemanenan adalah tahapan terakhir dalam suatu produksi di perusahaan HTI. Pemanenan kayu merupakan suatu kegiatan pemanfaatan pada kawasan hutan produksi yang bertujuan untuk menghasilkan kayu guna pemenuhan kebutuhan bahan baku industri dalam perusahaan atau dunia industri dan untuk pemenuhan terhadap permintaan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat efektivitas operasional penyaradan (ekstraksi) pada metode cut to length dengan menggunakan ponton darat dan mengetahui tingkat efisiensi penyaradan pada metode cut to length dengan menggunakan alat ponton darat.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode statistik deskriptif. Parameter yang diamati adalah produktivitas penyaradan dan biaya operasional penyaradan. Penelitian berfokus pada kegiatan ekstraksi kayu dengan excavator ponton darat. Kayu yang di ekstraksi adalah kayu Acacia crasiccarpa yang sudah ditebang dan dilakukan pembagian batang sepanjang 4 meter. Unit yang diamati ada dalam bentuk siklus penyaradan dari areal tebang ke TPn. Satu siklus penyaradan meliputi aktivitas memuat kayu ke atas ponton darat, berjalan dengan muatan, bongkar muatan di TPn dan berjalan tanpa muatan. Sampel yang diamati sebanyak 15 siklus.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan telah diperoleh nilai rata-rata produktivitas yaitu 17,564 m3/jam dengan nilai maksimum yaitu 20,02 m3/jam pada siklus ke-4 dan nilai minimum yaitu 15, 42 m3/jam pada siklus ke-13. Perhitungan biaya operasional memiliki rata-rata yaitu Rp12.480 dengan biaya tertinggi yaitu Rp14.155 pada siklus ke-13 dan untuk biaya produksi terkecil yaitu Rp10.902 pada siklus ke-4. Tingkat efektivitas produksi sebesar 125,46% dan tingkat efisiensi biaya sebesar 48,47%.
LOADING LIST...
rebeat110125@gmail.com
082165730726
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...