MAULIZA SAFIRA ASNIM SITORUS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SELAI ALBEDO KULIT SEMANGKA DENGAN PENAMBAHAN UMBI BIT


INTISARI
Penelitian ini tentang selai albedo kulit semangka dengan penambahan umbi bit yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan umbi bit terhadap karakteristik selai dan pengaruh perbandingan kulit buah semangka dan umbi bit terhadap sifat kimia dan sifat fisik pada selai yang dihasilkan.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan blok lengkap dua faktor yaitu variasi perbandingan albedo kulit semangka dengam umbi bit dan penambahan konsentrasi gula. Faktor A yaitu variasi perbandingan albedo kulit semangka dengan umbi bit terdiri dari 3 taraf yaitu A1 = 30:70 b/b, A2 = 50:50 b/b, A3 = 70:30 b/b dan faktor B yaitu penambahan konsentrasi gula terdiri dari 3 taraf yaitu B1 = 60%, B2 = 65%, B3 = 70%. Analisis yang dilakukan yaitu Aktivitas Antioksidan, Gula Reduksi, Gula Total, Kadar Air, Total Padatan, Daya Oles, Viskositas dan Uji Organoleptik (Warna, Aroma, Rasa, Daya Oles).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi albedo kulit semangka dengan penambahan umbi bit berpengaruh nyata terhadap aktivitas antioksidan, gula reduksi, viskositas dan uji organoleptik (warna, aroma, daya oles) tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap gula total, kadar air, total padatan terlarut, daya oles, dan uji organoleptik (rasa), sedangkan penambahan konsentrasi gula berpengaruh nyata terhadap aktivitas antioksidan dan uji organoleptik (rasa, warna, daya oles), tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap daya oles, viskositas, gula reduksi, gula total, total padatan, kadar air, dan uji organoleptik (rasa, warna, daya oles). Berdasarkan uji kesukaan organoleptik perlakuan yang paling disukain panelis yaitu yaitu perbandingan albedo kulit semangka yang lebih tinggi dari pada penambahan umbi bit (70:30) dengan penambaahan konsentrasi gula sebesar 65%.



Kata kunci : Albedo Kulit Semangka, Umbi Bit, Selai, Aktivitas Antioksidan

LOADING LIST...
mauliza.safira@gmail.com
082260579478
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...