Dr. Ir. Agatha Ayiek Sih Sayekti, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

DAMPAK PEREMAJAAN (REPLANTING) KELAPA SAWIT TERHADAP PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT di NAGARI RANAH PALABI, KECAMATAN TIMPEH, KABUPATEN DHARMASRAYA


INTISARI

Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui dampak peremajaan (Replanting) kelapa sawit terhadap pendapatan petani kelapa sawit sebelum replanting dan setelah melakukan replanting (2) Untuk mengetahui Petani kelapa sawit memperoleh sumber pendapatan lainya selama proses peremajaan kelap sawit (Replanting) kelapa sawit di Nagari Ranah Palabi, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya. Metode dasar yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi menggunakan metode Purposive sampling. Penentuan sempel menggunakan metode Sampling Jenuh dengan 23 responden.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui : (1) Pendapatan petani sebelum replanting dan setelah replanting dari (Kelapa Sawit), dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, rata-rata penurunan pendapatan petani kelapa sawit sebesar Rp.2.419.565/bulan dan pendapatan petani sebelum replanting dan setelah replanting dari (On farm, Off farm, dan Non farm), dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, rata-rata penurunan pendapatan petani kelapa sawit sebesar Rp.1.356.521/bulan. (2) Sumber pendapatan lainya yang di peroleh petani selama replanting adalah petani kelapa sawit bekerja sebagai buruh tani, bertani, perikanan, buruh bangunan, dan transportasi.
Kata Kunci : Peremajaan (Replanting), Dampak Replanting, Pendapatan.

LOADING LIST...
rahmatdani485@gmail.com
085272041485
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...