Dr. Ir. Candra Ginting, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Respon Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre-Nursery Terhadap Pemberian Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit dan Tandan Kosong Kelapa Sawit


RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY TERHADAP PEMBERIAN LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT DAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT
JONATHAN IQNATIUS SINAGA
18/19773/BP
INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi terbaik antara limbah cair pabrik kelapa sawit dan tandan kosong kelapa sawit terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pembibitan awal (Pre-Nursery). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021 sampai Juni 2021, bertempat di Dusun XV Mesjid Suka Damai, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.
Penelitian ini merupakan percobaan rancang faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design). Faktor pertama adalah Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit yang terdiri dari empat aras yaitu, L0 : Tanpa LCPKS (sebagi kontrol), L1 : 40 ml LCPKS/Polybag, L2 : 80 ml LCPKS/Polybag, dan L3 : 100 ml LCPKS/Polybag. Faktor kedua adalah Tandan Kosong Kelapa Sawit yang terdiri atas empat aras yaitu, K0 : Tanpa Kompos TKKS(sebagai kontrol), K1 : Kompos TKKS 10%, K2 : Kompos TKKS 20%, dan K3 : Kompos TKKS 30%. Setiap perlakuan dilakukan 4 kali ulangan sehingga jumlah bibit kelapa sawit keseluruhan adalah 64 bibit.
Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode Analysis of Variance (Anova) pada jenjang nyata 5% dan untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan di uji dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara pemberian limbah cair pabrik kelapa sawit dengan tandan kosong kelapa sawit terhadap semua parameter.

Kata kunci : Pembibitan kelapa sawit (Pre-Nursery), Limbah cair pabrik kelapa sawit (LCPKS), Tandan kosong kelapa sawit (TKKS).


LOADING LIST...
jonathaniqnatius@gmail.com
081262642784
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...