Henjelia Damanik; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MINUMAN HERBAL DAUN EKOR NAGA (Rhaphidophora pinnata schott) DENGAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale var rubrum) SEBAGAI SUMBER ANTIOKSIDAN ALAMI


Penelitian tentang minuman herbal dari daun ekor naga dengan penambahan ektrak jahe merah yang kaya antioksidan dengan tujuan untuk Mengetahui pengaruh daun ekor naga dan ekstrak jahe merah terhadap karakteristik minuman herbal dan Menentukan jenis daun ekor naga dengan konsentrasi ekstrak jahe merah yang menghasilkan minuman herbal yang disukai oleh panelis.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan blok lengkap dua faktor yaitu daun ekor naga M dan penambahan ektrak jahe merah. Faktor D yaitu terdiri dari 3 taraf yaitu M1 = air : daun ekor naga 65: 35 , M2 air : daun ekor naga = 60 : 40, M3 = air : daun ekor naga 55 : 45 dan faktor D yaitu konsentrasi penambahan ekstrak jahe merah terdiri 3 taraf yaitu M1 = 1%, D2 = 3%, D3 = 5%. Analisis yang dilakukan yaitu Aktivas Antioksidan, Flavonoid, Gula Reduksi, Tanin, Fenol, dan Uji Organoleptik (Warna, Aroma, Rasa).
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variasi daun ekor naga tidak berpengaruh terhadap Aktivitas Antioksidan, Flavonoid, Gula Reduksi, Tanin, Fenol dan uji Organoleptik (Aroma, Rasa) tetapi berpengaruh nyata pada uji Organoleptik (rasa), Sedangkan penambahan ekstrak jahe merah berpengaruh nyata terhadap Aktivitas Antioksidan, Flavonoid, Gula Reduksi, Tanin, Fenol, dan Uji Organoleptik. Berdasarkan uji kesukaan Organoleptik pada rasa, perlakuan yang paling disukai oleh panelis yaitu M1D2 (M1 air : daun ekor naga 65: 35 = dan D3 = Penambahan ektrak jahe merah = 3%)

LOADING LIST...
henjeliadamanik@gmail.com
Henjelia Damanik - Personal Name
Ir. Sunardi, M. Si - Personal Name
reza widyasaputra S.TP., M.Si - Personal Name
085262013170
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...