Dr.Ir. Hermantoro, MS. IPM (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea, L.) MENGGUNAKAN PUPUK UREA CAIR DENGAN SISTEM IRIGASI OTOMATIS


Pada saat ini produksi tanaman sawi hijau (Brassica juncea, L.) mengalami penurunan, disisi lain pemenuhan kebutuhan pangan semakin meningkat. Permasalahan pada budidaya tanaman sawi hijau adalah pemupukan yang masih dilakukan dengan cara konvensional dengan menaburkan pada tanaman sawi hijau sehingga menimbulkan kemungkinan penyerapan unsur hara pada tanaman menjadi tidak sempurna.
Metode penelitian ini disusun secara Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 pengulangan dengan 6 tanaman pada setiap pengulangan sehingga terdapat 54 tanaman unit percobaan. Taraf perlakuan dosis pupuk Urea pada penelitian ini adalah P0 (tanpa pemupukan), P1 (pemupukan 2 x seminggu), dan P2 (pemupukan 3 x seminggu). Hasil pengamatan dianalisa dengan uji Analysis of Variance (ANOVA) menggunakan uji lanjutan dengan Uji Tukey atau honestly significance diffirence (HSD) taraf 5%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pertumbuhan tanaman sawi dengan menggunakan sistem smart fertigasi yang mengintegrasikan penyiraman dan pemupukan otomatis.
Hasil penelitian ini untuk lebar daun, diamater batang, berat basah dan kering akar, serta berat basah dan kering tanaman berbeda nyata, untuk tinggi tanaman berbeda sangat nyata sedangkan jumlah daun non sigificant. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media tanam dan pupuk dengan perlakuan dosis P2 sebesar 888 ml/minggu memiliki hasil yang lebih baik terbukti terjadi perubahan signifikan pada lebar daun, tinggi batang, diameter batang, berat basah, dan kering akar, berat basah, dan kering tanaman.

LOADING LIST...
rizkiputranovanto233@gmail.com
082135216890
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...