Arum Ambarsari, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MANAJEMEN PEMBIBITAN KELAPA SAWIT DI PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT (PPKS) UNIT MARIHAT


Untuk meningkatkan hasil produksi kelapa sawit di Indonesia dibutuhkan kelapa sawit yang baik dan unggul, sehingga diperlukan bahan tanam berupa bibit kelapa sawit yang terjamin kualitasnya. Dalam hal ini, pengelolaan pembibitan sangat perlu dilakukan karena merupakan langkah awal untuk menyiapkan bahan tanam yang sehat dan bermutu, namun kegiatan tersebut harus dilaksanakan sesuai dengan teknis dan aturan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses manajemen pembibitan yang dilakukan di PPKS Unit Marihat dan untuk mengetahui apakah proses manajemen yang dilakukan tersebut sudah sesuai standar atau tidak.
Metode dasar pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan analisis deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling atau peneliti menentukan secara sengaja atau memilih orang-orang yang akan menjadi informan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen pembibitan kelapa sawit di Pusat Penelitian Kelapa Sawit Unit Marihat terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kegiatan manajemen pembibitan yang telah dilaksanakan di Pusat Penelitian Kelapa Sawit Unit Marihat tidak semuanya dilaksanakan sesuai dengan SOP. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan tidak sesuai SOP seperti kedisiplinan para pekerja, pengisian polybag pre nursery, penyusunan polybag main nursery, penanaman main nursery, dan penyiraman bibit pre nursery.

LOADING LIST...
Nurulpratiwilubis78@gmail.com
Arum Ambarsari, SP., MP - Personal Name
Fitri Kurniawati, SP., MP. (P) - Personal Name
Nurul Pratiwi Lubis - Personal Name
082275873560
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...