M najmi nafis; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH POME DAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT PADA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian POME dan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) pada pembibitan kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di PT DARMEX AGRO kebun PT EMA berketepatan Didesa Muara Jaya, Kecematan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi RIAU pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2021. Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD) satu faktor dengan aplikasi SPSS, dengan perlakuan dua kali pengulangan.
Perlakuan pertama pemberian TKKS diberikan sebagai mulsa dengan dosis 500 gram/polybag, perlakuan kedua pemberian LCPKS diberikan sebagai pupuk cair dengan dosis 100 ml/polybag, perlakuan ketiga pemberian TKKS+LCPKS dengan dosis TKKS 500 grm/polybag dan dosis LCPKS 100 ml/polybag, dan perlakuan control tidak diberikan apapun melainkan diberi pupuk NPK+Mg. Setiap perlakuan dilakukan 2 kali pengulangan. Rotasi perlakuan dilakukan 1 x dalam 1 bulan. Untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan pengujian dengan menggunakan DMRT ( Duncan Multiple Range Test ) pada jenjang nyata 5%.
Hasil analisis disetiap parameter menunjukkan bahwa tidak berpengaruh nyata terhadap pemberian LCPKS dan pemberian TKKS pada media tanam terhadap pembibitan kelapa sawit. Hal ini diduga kandungan Biochemical Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) pada Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit (LCPKS) terlalu tinggi sehingga pertumbuhan bibit kelapa sawit terhambat. Hal ini juga diduga Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) belum terdekomposisi sempurna sehingga belum optimal di serap oleh akar tanaman kelapa sawit main nursery.
Kata kunci: POME, LCPKS, TKKS dan Kelapa Sawit

LOADING LIST...
jimybm12345@gmail.com
M najmi nafis - Personal Name
Ryan Firman Syah, S.P., M.Si - Personal Name
Dr Sri Gunawan, MP - Personal Name
085274942743
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
Yogyajarta
LOADING LIST...