DIFA SUKMA ALIFIANA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PARTISIPASI MASYARAKAT DESA TARUBATANG KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI JAWA TENGAH DALAM PENGEMBANGAN KPHK TN GUNUNG MERBABU


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan tingkat partisipasi masyarakat desa Tarubatang dalam pengembangan Taman Nasional Merbabu dan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong dan penghambat partisipasi masyarakat desa Tarubatang dalam pengembangan Taman Nasional Merbabu. Penelitian ini dilakukan di Dukuh Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Agustus-September 2021.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Ditinjau dari tempatnya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research). Metode penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu masyarakat yang ada di Kecamatan Tarubatang, staf balai pengelola KPHK TNGM dan Kepala Desa Tarubatang.
Hasil penelitian yaitu partisipasi masyarakat dalam pengembangan KPHK Taman Nasional Gunung Merbabu di Desa Tarubatang, masih sebatas sebagai pelaksana program kegiatan yang direncanakan oleh pengelolla Taman Nasional Gunung Merbabu. Masyarakat diikut sertakan dalam musyawarah tetapi keputusan tetap diambil oleh pihak Taman Nasional Gunung Merbabu. Bentuk partisipasi masyarakat dalam implementasi kegiatan berupa, pemeliharaan jalur pendakian, penanaman tanaman, pemeliharaan mata air, pemadaman kebakaran dan evakuasi pendaki. Tingkat partisipasi masyarakat umum hanya sebesar 1.388% sedangkan tingkat pertisipasi masyarakat pecinta alam sebesar 100%. Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan Taman Nasional Gunung Merbabu diantaranya, faktor pendukung adalah kesadaran/kemauan, usia, pekerjaan/penghasilan, lama tinggal, dan peralatan/fasilitas. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu pola pikir masyarakat, waktu dan komunikasi.
Kata kunci : Partisipasi Masyarakat, Pengembangan, Taman Nasional Gunung Merbabu.
LOADING LIST...
difasukma76@gmail.com
081227765950
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...