Dr. Ismiasih, S.TP., M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MOTIVASI PETANI PADA PROGRAM CORPORATE FARMING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS USAHATANI DI DESA TRIMULYO KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL PROVINSI DIY


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi petani terhadap program corporate farming, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi petani terhadap program corporate farming dan mengetahui dampak program corporate farming terhadap produktivitas usahatani. Penelitian ini dilakukan di Dusun Blawong I dan II, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling (secara sengaja), Sampel penelitian ini yaitu petani yang mengikuti program corporate farming dengan jumlah sampel 30 petani atau responden.
Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa motivasi petani terhadap program corporate farming adalah: (1) untuk dapat memperoleh banyak kemudahan meliputi tersedianya sumber bantuan dari Pemerintah Desa berupa bibit padi, bantuan dari Dinas Pertanian, bantuan dari BI (Bank Indonesia) berupa dana stimulan, sarana dan prasarana berupa traktor, mesin tanam dan alat panen. (2) Faktor yang berpengaruh secara signifikan pada program corporate farming yaitu adanya kegiatan penyuluhan. (3) Dampak Program Corporate Farming tidak berbeda nyata terhadap Produktivitas Usahatani.

LOADING LIST...
kartikadina50@gmail.com
088802895508
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
Yogyajarta
LOADING LIST...