Ir. Retni Mardu Hartati, SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Macam Dan Dosis Pupuk P Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Di Pre Nursery


Penelitian telah dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada ketinggian tempat 118 meter di atas permukaan laut. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2021. Penelitian bertujuan mengetahui ada tidaknya kombinasi yang baik antara macam jenis pupuk P dan macam dosis pupuk P terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery.
Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama adalah dosis Pupuk P yang terdiri dari 4 aras yaitu: 0 gram/bibit (D0), 30 gram/bibit ( D1), 60 gram/bibit (D2) dan 75 gram/bibit (D3) tanaman. Faktor kedua yaitu macam jenis pupuk p yaitu pupuk padat (P1),pupuk cair (P2) dan kombinasi padat cair (P3).Jenis pupuk P padat yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pupuk TSP dengan kadar P2O5 sekitar 44% - 46%, sedangkan Jenis pupuk P cair yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pupuk Bayfolan dengan kandungan unsur P sebesar 10%. Dengan demikian diperoleh 4x3=12 kombinasi perlakuan setiap perlakuan ada 4 ulangan maka total seluruh tanaman dalam penelitian ini adalah 12 x 4 = 48 tanaman ditambah dengan cadangan 12 tanaman sehingga total sebanyak 60 tanaman. Data hasil penelitian dianalisi dengan sidik ragam, apabila beda nyata maka akan dilanjutkan dengan DMRT jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kombinasi yang baik antara jenis pupuk P dan dosis pupuk P pada parameter jumlah daun dengan pemberian dosis terbaik yaitu 60 g dan 75 g. Pemberian jenis pupuk P tidak berpengaruh nyata terhadap hampir semua parameter. Pada dosis pupuk P, menunjukkan bahwa berat segar tajuk memiliki pengaruh paling baik pada dosis 75 g, sedangkan pada akar, dapat di simpulkan bahwa akar yang diberi pupuk P lebih baik dibandingkan yang tidak diberi pupuk P.

LOADING LIST...
muhammadandito70@gmail.com
081364016230
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...